Perbandingan Antara Metode Mubasyarah dan Metode Qawaid wa Tarjamah Dalam Pembelajaran Nahwu di Pesantren Modern Al Manar Aceh Besar

Deista Maradi, 170202048 (2022) Perbandingan Antara Metode Mubasyarah dan Metode Qawaid wa Tarjamah Dalam Pembelajaran Nahwu di Pesantren Modern Al Manar Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perbandingan Antara Metode Mubasyarah dan Metode Qawaid wa Tarjamah] Text (Perbandingan Antara Metode Mubasyarah dan Metode Qawaid wa Tarjamah)
Deista Maradi, 170202048, FTK, PBA, 082211917476.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pesantren Modern Al Manar adalah pesantren yang mempelajari kaidah nahwu. Setelah peneliti melakukan observasi, peneliti menemukan bahwa siswa tidak mampu untuk memahami dan menghafal kaidah- kaidah nahwu. Untuk memperbaiki permasalahan tersebut maka dibutuhkannya metode yang tepat. Untuk itu peneliti ingin meneliti tentang “Perbandingan Antara Metode Mubasyarah dan Metode Qawaid wa Tarjamah Dalam Pembelajaran Nahwu di Pesantren Modern Al Manar Aceh Besar”. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Peneliti mengambil sampel dari kelas 2.A dengan jumlah
25 siswa sebagai kelas kontrol, dan kelas 2.B dengan jumlah 25 siswa sebagai kelas eksperimen. Penelitian ini menggunakan instrumen soal yang terdiri dari soal pre-test dan post-test dengan teknik analisis data statistik deskriptif, uji paired sample T-test dan uji independent sample T-Test dengan menggunakan program SPSS v.25. Hasil dari penelitian ini dengan menggunakan uji paired sample T-test menunjukkan bahwa metode Mubasyarah dan metode Qawaid wa Tarjamah berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam pembelajaran nahwu. Yang mana hipotesis alternatif diterima dan hipotesis nol ditolak. Adapun hasil penelitian menggunakan uji independent sample T-test menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pengaruh antara penggunaan metode Mubasyarah dan metode Qawaid wa Tarjamah dalam pembelajaran nahwu. Dengan demikian, hipotesis alternatif ditolak dan hipotesis nol diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
400 Languages (Bahasa)
500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
800 Literature (Sastra)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Deista Maradi Deista
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:21
Last Modified: 06 Jun 2022 02:21
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20834

Actions (login required)

View Item
View Item