Tingkat Kesadaran Masyarakat dalam Pengajuan Itśbat Nikah di Kota Banda Aceh

Ramlah, 170101016 (2022) Tingkat Kesadaran Masyarakat dalam Pengajuan Itśbat Nikah di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tingkat Kesadaran Masyarakat dalam Pengajuan Itśbat Nikah   di Kota Banda Aceh] Text (Tingkat Kesadaran Masyarakat dalam Pengajuan Itśbat Nikah di Kota Banda Aceh)
Ramlah, 17010101016, FSH, HK, 082269747493.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Itśbat nikah merupakan upaya pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang belum mempunyai akta nikah, sehingga dapat menetapkan Kembali pernikahan mereka. Salah satu program pemerintah dalam masalah ini yaitu program Itśbat nikah terpadu yang termuat dalam peraturan Gubernur No. 25 Tahun 2017 yaitu tentang pengesahan pernikahan (Itśbat nikah) pelayanan terpadu satu hari. Untuk itu masalah yang diajukan adalah apa faktor yang mempengaruhi kesadaran masyarakat dalam pengajuan itśbat nikah dan bagaimana tingkat kesadaran masyarakat dalam pengajuan itśbat nikah. Dalam tulisan ini, jenis penelitian yang digunakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode purposive sumpling dengan menggunakan metode penelitian lapangan (field research) dan kepustakaan (library research) , yaitu sebuah metode penelitian yang memanfaatkan data kualitatif dan dijabarkan secara deskriptif dalam sebuah analisis hingga memperoleh tujuan kesimpulan sesuai dengan tujuan awal yaitu menggambarkan latar belakang dilaksanakannya Itśbat nikah terpadu one day service, faktor yang mempengaruhi kesadaran masyarakat dalam pengajuan itśbat nikah, dan tingkat kesadaran masyarakat dalam pengajuan Itśbat nikah. Hasil penelitian ini menjelaskan faktor yang mempengaruhi kesadaran masyarakat dalam pengajuan itśbat nikah adalah yang pertama, karena kepentingan anak, yang kedua, tidak adanya akta nikah, dan yang ketiga, adanya kesadaran masyarakat itu sendiri Adapun Tingkat kesadaran masyarakat dalam pengajuan itśbat nikah cukup baik, jika dilihat dari hasil wawancara, hasil dari angket dan data masyarakat, banyak masyarakat yang sudah menyadari urgensi legalitas pernikahan, termasuk menyangkut masa depan anak, resiko-resiko perceraian, harta yang didapatkan sebelum dan selama perkawinan, serta kepentingan-kepentingan administratiflainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Drs. Mohd. Kalam, M.Ag., Mumtazinur, MA
Uncontrolled Keywords: Kesadaran, Itśbat Nikah, Satu Hari (One Day Service)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.31 Nikah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Keluarga
Depositing User: Ramlah Ramlah
Date Deposited: 06 Jun 2022 02:42
Last Modified: 06 Jun 2022 02:42
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20844

Actions (login required)

View Item
View Item