Sistem Penataan dan Temu Kembali Arsip pada Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh

Mutia Sari, 170503130 (2022) Sistem Penataan dan Temu Kembali Arsip pada Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Sistem Penataan dan Temu Kembali Arsip pada Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh] Text (Sistem Penataan dan Temu Kembali Arsip pada Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh)
Mutia Sari, 170503130, FAH, IP, 082363685652.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Sistem Penataan dan Temu Kembali Arsip pada Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem penataan dan temu kembali arsip pada Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Fokus atau subjek dari penelitian ini adalah sistem penataan dan temu kembali arsip. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian untuk analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dari informasi dan data yang telah dikumpulkan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem penataan buku tanah pada Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh menggunakan sistem nomor dan wilayah/daerah yaitu Warkah disusun berdasarkan Daftar Induk (DI) 208 dan tahun, sedangkan Buku Tanah disusun berdasarkan kecamatan, wilayah/desa, jenis hak dan nomor hak. Penemuan kembali pada Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh masih menggunakan cara manual, yaitu pengelola arsip menelusuri langsung pada setiap lemari arsip Buku Tanah yang memiliki kode/nomor kecamatan dan desa. Sedangkan Warkah dilihat dari nomor dan tahun. Kendala yang dihadapi pada kantor ini yaitu kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) dalam bidang kearsipan dan fasilitas pengelolaan arsip seperti ruangan yang kurang memadai dan kekurangan lemari penyimpanan arsip.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penataan Arsip, Temu Kembali, Kantor Pertanahan Kota Banda Aceh
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 020 Ilmu Perpustakaan dan Informasi > 027 Perpustakan, Arsip, Pusat Informasi Umum
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Mutia Sari Sari
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:06
Last Modified: 06 Jun 2022 03:06
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20849

Actions (login required)

View Item
View Item