Pengaruh Program Keluarga Harapan Terhadap Kesejahteraan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Desa Pante Garot Kecamatan Indrajaya Kabupaten Pidie)

Afrida Diana, 170602128 (2021) Pengaruh Program Keluarga Harapan Terhadap Kesejahteraan Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Desa Pante Garot Kecamatan Indrajaya Kabupaten Pidie). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Program Keluarga Harapan] Text (Program Keluarga Harapan)
Afrida Diana, 170602128, FEBI, ES, 085277935924.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan salah satu program dari pemerintah dalam pengawasan Bappenas. Tujuan utama PKH adalah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) terutama dalam Kesehatan, Pendidikan dan Kesejahteraan Sosial pada kelompok Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer melalui penyebaran kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 95 orang Menggunakan Teknik purposive sampling. Metode analisis dalam penelitian ini yaitu structural equestion modelling (SEM) partial least square (PLS). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Bantuan Sosial, pendampingan PKH, Layanan Kesehatan dan Pendidikan serta Bantuan Komplementer tidak berpengaruh signifikan terhadap Jaminan sosial namun memiliki hubungan positif, sedangkan Jaminan Sosial berpengaruh signifikan terhadap kesejahteraan dan memiliki hubungan positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Afrida Diana Afrida
Date Deposited: 08 Jun 2022 02:16
Last Modified: 08 Jun 2022 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20854

Actions (login required)

View Item
View Item