Makna Filosofis Ragam Hias Dalam Naskah Shirathal Mustaqim Karya Nuruddin Ar-Raniry Di Aceh

Khaizir, 170501022 (2021) Makna Filosofis Ragam Hias Dalam Naskah Shirathal Mustaqim Karya Nuruddin Ar-Raniry Di Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Makna Filosofis Ragam Hias Dalam Naskah Shirathal Mustaqim Karya Nuruddin Ar-Raniry Di Aceh] Text (Makna Filosofis Ragam Hias Dalam Naskah Shirathal Mustaqim Karya Nuruddin Ar-Raniry Di Aceh)
Khaizir, 170501022, FAH, SKI, 082274545143.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Makna Filosofis Ragam Hias Dalam Naskah Shirathal Mustaqim Karya Nuruddin Ar-Raniry Di Aceh”. Ragam hias merupakan bentuk dasar hiasan yang biasanya akan menjadi pola yang di ulang-ulang dalam suatu karya kerajinan atau seni. Ragam hias dapat distilisasi (stilir) sehingga bentuknya bervariasai. Adapun variasai ragam hias yang terdapat di dalam naskah Shirathal Mustaqim adalah sebagai berikut, bungong pucok rebung, bungong awan-awan, bungong seuleupo, bungong meulu bruk, bungong puta taloe dua, bungong sagoe,bungong glima, motif bunga bertabur-tebar, motif kuncup bunga dan motif bunga ayu-ayu dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan nilai sejarah naskah Shirathal Mustaqim dan untuk mengetahui apa saja motif-motif ragam hias yang terdapat di dalam naskah Shirathal Mustaqim. Metode pada penelitian ini adalah metode penelitian dalam bentuk kualitatif dengan jenis dan pendekatan penelitian melalui penelitian kepustakaan, observasi, dokumentasi, sumber data primer dan sekuler dan analisis isi. Data yang terdapat pada pengamatan lapangan peneliti kaji kembali sehingga mendapatkan hasil. Dari hasil penelitian dapat kita ketahui bahwa terdapat beberapa persamaan maupun perbedaan motif dari setiap ragam hias yang terdapat di dalam naskah Shirathal Mustaqim yang telah penulis lakukan penelitian langsung.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Shirathal Mustaqim, Nuruddin Ar-Raniry, Ragam Hias.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X9 Sejarah Islam dan Biografi
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Khaizir Khaizir
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:13
Last Modified: 06 Jun 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20855

Actions (login required)

View Item
View Item