Pengembangan Buku Besar Berbasis Elektronik dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Awal Siswa Kelas II MIN 3 Aceh Barat

Cut Riza Maulina Jauhari, 170209042 (2021) Pengembangan Buku Besar Berbasis Elektronik dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Awal Siswa Kelas II MIN 3 Aceh Barat. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Buku Besar Berbasis Elektronik] Text (Pengembangan Buku Besar Berbasis Elektronik)
Cut Riza Maulina Jauhari, 170209042, FTK, PGMI, 082176077163.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang di kelas II MIN 3 Aceh Barat, keterbatasan penggunaan media pembelajaran yang membuat siswa cepat bosan dengan media yang sama dan terdapat beberapa siswa yang masih lambat dan mengalami kesulitan dalam membaca. Adapun salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan mengembangkan buku besar berbasis elektronik. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana desain buku besar berbasis elektronik dalam meningkatkan keterampilan membaca awal siswa kelas II MIN 3 Aceh Barat. (2) Bagaimana hasil uji kelayakan buku besar berbasis elektronik dalam meningkatkan keterampilan membaca awal siswa kelas II MIN 3 Aceh Barat. Penelitian ini menggunakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model Borg & Gall yang telah dimodifikasi oleh Anggi Permana. Subjek penelitian ini dilaksanakan di kelas II MIN 3 Aceh Barat. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar validasi, angket, dan soal tes. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Dari hasil penelitian didapatkan desain buku besar berbasis elektronik yaitu analisis kebutuhan, merancang, validasi dan revisi, dan ujicoba serta implementasi. Adapun hasil uji kelayakan diperoleh dari validasi ahli materi 78% kategori layak, ahli media 90,76% kategori sangat layak, uji coba skala kecil 93,07% siswa menjawab sangat layak, skala besar 97,30% siswa menjawab sangat layak, dan hasil pre-test dengan persentase klasikal 53,33% kategori sangat kurang, kemudian hasil post-test dengan persentase klasikal 100% kategori sangat baik. Dengan demikian pengembangan buku besar berbasis elektronik sangat layak digunakan dalam meningkatkan keterampilan membaca awal siswa kelas II MIN 3 Aceh Barat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X0 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Cut Riza Maulina Jauhari Cut
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:16
Last Modified: 07 Jun 2022 02:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20857

Actions (login required)

View Item
View Item