Penerapan Model Guided Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Di SMP IT Madrasatul Qur’an

Wardiyati, 170205088 (2021) Penerapan Model Guided Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Di SMP IT Madrasatul Qur’an. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Model Guided Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa  Di SMP IT Madrasatul Qur’an] Text (Penerapan Model Guided Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Di SMP IT Madrasatul Qur’an)
Wardiyati, 170205088, FTK, PMA, 085294103336.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam pembelajaran matematika merupakan suatu hal yang penting, karena dengan penguasaan konsep akan memudahkan siswa dalam mempelajari matematika. Namun pada kenyataannya siswa mengalami masalah dengan pemahaman konsep khususnya pada materi Teorema Pythagoras. Salah satu alternatif yang digunakan adalah dengan menerapkan model Guided Discovery Learning. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbandingan pemahaman konsep siswa pada materi Teorema Pythagoras yang belajar dengan model Guided Discovery Learning lebih baik dari pada siswa yang belajar tanpa menggunakan model Guided Discovery Learning Rancangan penelitian adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalen control group pretest posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan total sampling. Populasinya adalah siswa-siswa kelas VIII SMP IT Madrasatul Qur’an tahun ajaran 2020/2021, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X2 sebagai kelas kontrol. Data dianalisis dengan menggunakan independent sampel t-test pihak kanan dengan taraf signifikan 0,05. Dari hasil perhitungan tersebut Karena t_hitung>t_tabel maka H0 ditolak dan H1 adalah benar sehingga dapat disimpulkan bahw pemahaman konsep siswa pada materi Teorema Pythagoras yang belajar dengan model Guided Discovery Learning lebih baik dari pada siswa yang belajar tanpa menggunakan model Guided Discovery Learning.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Drs. Lukman Ibrahim, M.Pd., Cut Intan Salasiyah, S.Ag., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Konsep, Guided Discovery Learning, Teorema Pythagoras
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Wardiyati War
Date Deposited: 06 Jun 2022 03:16
Last Modified: 06 Jun 2022 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20858

Actions (login required)

View Item
View Item