Keterampilan Metakognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade Kimia Di SMA Negeri Modal Bangsa

Muammar Khadafi Almilani, 170208025 (2022) Keterampilan Metakognitif Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Olimpiade Kimia Di SMA Negeri Modal Bangsa. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Mengetahui karakteristik kemampuan metakognitif] Text (Mengetahui karakteristik kemampuan metakognitif)
Muammar Khadafi Al Milani, 170208025, FTK, PKM, 082273137141.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari adanya perhelatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang telah memasuki tahun ke-20. Peserta OSN tingkat nasional merupakan hasil seleksi olimpiade berjenjang. Kemampuan kognitif menjadi salah satu kriteria penilaian dalam sistem pendidikan di Indonesia. Kemampuan metakognitif dalam menyelesaikan olimpiade kimia sangatlah penting. Karena kemampuan metakognitif dapat membantu peseta didik dalam memecahkan masalah yang dihadapi. Analisis ini dilakukan bertujuan untuk melihat karakteristik kemampuan metakognitif peserta didik. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri Modal Bangsa dan menggunakan metode kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan instrumen tes yang berisi soal olimpiade kimia dan instrumen wawancara, dianalisis secara deskriptif. Data yang diperoleh berupa hasil keterampilan metakognitif peserta didik dalam menyelesaikan soal olimpiade kimia dan kemampuan peserta didik dalam memahami keterampilan tingkat tinggi dalam menyelesaikan masalah. Hasil penelitian berdasarkan hasil uji tes soal-soal olimpiade kimia terhadap peserta didik yang sedang menjalani pembinaan menunjukkan bahwa seluruh peserta didik memiliki kemampuan keterampilan berpikir yang sangat kreatif atau pada tingkatan keempat. Pada tingkatan ini peserta didik mencapai indikator sangat terampil dalam menentukan strategi yang dipilih dan dapat menyelesaikan soal-soal olimpiade kimia dengan tepat dan benar. Sedangkan hasil penelitian berdasarkan hasil wawancara dalam melihat tingkat kesadaran proses berpikir, seluruh peserta didik berada pada level 2 yang merupakan jenis berpikir yang menunjukkan seseorang menyadari “apa” dan “kapan” dia melakukan sesuatu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Muammar Khadafi Almilani Muammar
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:12
Last Modified: 07 Jun 2022 02:12
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20865

Actions (login required)

View Item
View Item