Pemikiran Hasan Muhammad Tiro Tentang Konsep Negara Federal

Muhammad Zaldi, 170801039 (2022) Pemikiran Hasan Muhammad Tiro Tentang Konsep Negara Federal. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hasan Tiro, Pemikiran Politik, Negara Federal] Text (Hasan Tiro, Pemikiran Politik, Negara Federal)
Muhammad Zaldi, 170801039, FISIP, IP, 082267106840.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Gagasan negara federal pernah dimunculkan oleh Hasan Muhammad Tiro pada tahun 1958 dan termuat dalam bukunya Demokrasi Untuk Indonesia. Dalam pandangan Hasan Muhammad Tiro, demokrasi yang sesuai bagi bangsa Indonesia adalah federaslisme. Federalisme adala konsep paling layak untuk diterapkan di daerah yang memiliki pluarisme entik seperti di Indonesia. Federalisme dapat menjadi tembok bagi ketidakadilan dan penyelewengan kekuasaan pemerintah pusat kepada daerah, juga kepada rakyat-rakyat di daerah tersebut. Dengan menerapkan federalisme, daerah-daerah dapat mengelola pemerintahan dan memanfaatkan sumber daya alam yang kaya serta sumber daya manusia untuk memakmuran dan mensejahterakan rakyat di daerahnya.
Dalam hal ini mengenai negara termasuk di dalamnya mengenai pengertian-pengertian negara yang selalu berubah-ubah itu tidak akan pernah selesai. Hal ini disebabkan karena pengertian-pengertian tersebut lahir menurut panggilan zamannya, dan karena alam pikiran penciptanya yang bermacam-macam, dan atas alasan itu pulalah pengertian mengenai negara bisa dilihat dari berbagai sudut, seperti sudut agama, aliran atau paham, sosial, pendidikan, yang kesemuanya itu sangat mempengaruhi lingkungan penciptanya. Sehingga tidak heran jika pengertian negara itu menjadi bermacam-macam pula.Misalnya negara monarki, federasi, republik dan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Muhammad Zaldi Zaldi
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:00
Last Modified: 07 Jun 2022 03:00
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20889

Actions (login required)

View Item
View Item