Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD) Ditinjau Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Desa Kemili Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah)

Andri Aprilian, 150106126 (2020) Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD) Ditinjau Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Desa Kemili Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Implementasi   Kebijakan   Alokasi   Dana   Desa   (ADD) Ditinjau Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Desa Kemili Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah)] Text (Implementasi Kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD) Ditinjau Menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa (Desa Kemili Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah))
Andri Aprilian, 150106126, FSH, IH, 082165143342.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa menyatakan bahwa Alokasi Dana Desa (ADD) merupakan dana yang dialokasikan oleh Pusat, Provinsi maupun Kabupaten, melalui ADD tersebut pemerintah desa dapat memberikan dampak positif terhadap pembangunan desa atau pun upaya untuk mensejahterakan masyarakat desa, akan tetapi ADD yang dialokasikan untuk desa dinilai masih belum cukup untuk menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat desa Kemili. Penelitian ini bertujuan menjawab permasalahan : Pertama, bagaimana Implementasi program dan Kebijakan Alokasi Dana Desa (ADD) di desa Kemili. Kedua, bagaimana kesesuaian program dan kebijakan terhadap pengimplementasian dana desa ditinjau menurut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.Penulisan skripsi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan (Library Research) dan penelitian lapangan (Field Research), tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil wawancara, dan data sekunder yang diperoleh dari dokumen desa, buku, jurnal dan karya tulis ilmiah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan Alokasi Dana Desa (ADD) di Desa Kemili sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku dan cukup berjalan dengan baik meskipun dalam pelaksanaannya masih terdapat kendala. Adapun faktor penghambat adalah pencairan dana yang terlambat serta ketidak sesuaian perencanaan tingkat Kabupaten dengan Desa. Faktor pendukung dikeluarkannya Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2019 Tentang Dana Desa, untuk membantu pemerintah desa dalam pengelolaan ADD,Adapun saran dari peneliti khususnya kepada pemerintahan Desa Kemili untuk selalu melakukan sosialisasi terhadap program yang dibuat oleh pemerintah desa, kemudian kepada aparatur desa sebelum membuat program desa sebaiknya meninjau langsung kedalam lingkungan masyarakat desa, agar dalam pengelolaan ADD ini sesuai dengan yang dibutuhankan oleh masyarakat desa Kemili.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Drs. Jamhuri M Ag., Arifin Abdullah S Hi. M.H
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Alokasi Dana Desa (ADD)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 336 Keuangan Negara
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 340 Law/Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Andri Aprilian
Date Deposited: 07 Jun 2022 02:54
Last Modified: 07 Jun 2022 02:54
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20892

Actions (login required)

View Item
View Item