Pembuatan dan Karakteristik Membran Kitosan dari Kulit Udang Vaname (Litopenaeus vannamei)

Lola Dhea Amanda, 170704010 (2022) Pembuatan dan Karakteristik Membran Kitosan dari Kulit Udang Vaname (Litopenaeus vannamei). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembuatan dan Karakteristik Membran Kitosan dari Kulit Udang Vaname (Litopenaeus vannamei)] Text (Pembuatan dan Karakteristik Membran Kitosan dari Kulit Udang Vaname (Litopenaeus vannamei))
Lola Dhea Amanda, 170704010, FST, KIM, 082272511183.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Membran kitosan yang terbuat dari udang vaname, merupakan biopolimer dari kitin dimana menjadi sumber alam yang dapat diperbaharui dan paling berlimpah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui derajat deasetilasi kitosan, pembuatan dan hasil karakterisasi dari membran kitosan. Metode preparasi pembuatan kitosan dapat dilakukan dengan proses deproteinasi, dekalsifikasi, dekolorisasi, dan deasetilasi. Membran kitosan dibuat dengan menggunakan metode inversi fasa. Kitin dan kitosan dikarakterisasi menggunakan FTIR, kemudian dihitung derajat deasetilasi dari % transmitan FTIR kitosan. Membran kitosan dikarakterisasi menggunakan SEM, Uji Tarik, dan Uji Swelling. Hasil penelitian FTIR pada kitosan, dapat dilihat bahwa hilangnya gugus C=O yang menandakan bahwa proses deasetilasi telah mengubah gugus asetil amino pada kitin menjadi gugus amino. Pada karakterisasi kitosan didapatkan hasil derajat deasetilasi kitosan sebesar 92.7444%, yang menandakan bahwa kitosan sudah terdeasetilasi penuh. Pada karakterisasi membran kitosan, hasil SEM pada membran kitosan menunjukkan bahwa pori-pori pada membran tidak terlihat dengan jelas dan masih terdapat kitosan yang belum larut. Pada hasil uji tarik, membran kitosan mempunyai kuat tarik sebesar 7,0357 MPa. Sedangkan hasil uji swelling pada membran kitosan sebesar 270%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah semakin tinggi nilai derajat deasetilasi pada kitosan, maka kitosan yang diperoleh semakin bagus, dan semakin kecil pori pada membran, maka akan semakin tinggi nilai kuat tarik dan
semakin kecil daya serap terhadap air.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Febrina Arfi, M.Si., Reni Silvia Nasution, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kitosan kulit udang vaname, Membran Kitosan, Derajat Deasetilasi.
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika) > 540 Chemistry (Kimia) > 547 Kimia Organik
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Kimia
Depositing User: Lola Dhea Amanda
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:02
Last Modified: 07 Jun 2022 03:02
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20896

Actions (login required)

View Item
View Item