Penerapan Modul Praktikum Instalasi Motor Listrik Di SMKN 1 Darul Kamal

Didi Trianda, 170211073 (2021) Penerapan Modul Praktikum Instalasi Motor Listrik Di SMKN 1 Darul Kamal. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Modul Praktikum Instalasi Motor Listrik Di SMKN 1 Darul Kamal] Text (Penerapan Modul Praktikum Instalasi Motor Listrik Di SMKN 1 Darul Kamal)
Didi Trianda, 170211073, FTK, PTE, 082310716030.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan sebagai salah satu upaya meningkatkan segala bentuk sumber daya manusia. Sekolah menengah kejuruan merupakan suatu jenjang pendidikan yang mengedepankan skil dalam bidang tertentu, hal itu memiliki tujuan utama yaitu menyiapkan siswanya untuk memasuki lapangan kerja. SMKN 1 Darul Kamal merupakan salah satu jenjang pendidikan sekolah menengah kejuruan, pada kelas XI TITL peserta didik banyak sekali mengalami kesulitan dalam mempelajari ilmu Instalasi Motor Listrik (IML), hal tersebut dikarenakan masih kurang atau terbatasnya bahan ajar/buku cetak, bahan ajar/buku yang dimiliki atau yang tersedia masih menampilkan teori serta gambar yang tergolong sudah lama (tidak memiliki warna) sehingga sulit terserap ilmunya bagi peserta didik. upaya yang dapat dilakukan pada pembelajaran praktikum instalasi motor listrik adalah dengan melakukan penerapan modul praktikum untuk melihat hasil belajar peserta didik serta respon peserta didik terhadap modul instalasi motor listrik. penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian terapan (applied research). Berdasarkan hasil pengolahan data menunjukkan adanya perubahan hasil belajar yang dapat dilihat dari nilai rata-rata peserta didik pada saat pre-test yaitu 50 dan nilai rata-rata peserta didik pada saat post-test yaitu 76,25. Sedangkan untuk respon terhadap modul praktikum instalasi motor listrik menunjukkan adanya respon yang sangat tinggi dari peserta didik, hal itu dapat dilihat pada rata-rata respon peserta didik yaitu sebesar 85%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Modul Praktikum, Instalasi Motor Listrik
Subjects: 500 Sciences (Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika)
600 Technology (Applied Sciences)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Tehnik Elektro
Depositing User: Didi Trianda Didi
Date Deposited: 07 Jun 2022 03:15
Last Modified: 07 Jun 2022 03:15
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20897

Actions (login required)

View Item
View Item