Efektivitas dan Evaluasi Program Da'i Perbatasan di Aceh

Salman Abdul Muthalib, 2022047801 (2022) Efektivitas dan Evaluasi Program Da'i Perbatasan di Aceh. Dinas Syari'at Islam dengan PKPM Aceh, Banda Aceh.

[thumbnail of Laporan penelitian ini membahas tentang Efektivitas dan Evaluasi Program Da'i Perbatasan di Aceh] Text (Laporan penelitian ini membahas tentang Efektivitas dan Evaluasi Program Da'i Perbatasan di Aceh)
Efektivitas Dai Perbatasan.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang efektivitas dan evaluasi program Da’i perbatasan di Aceh dengan pertanyaan utama yang ingin dikaji yaitu; bagaimana eksistensi, efektivitas dan format da’i perbatasan dalam mendukung pelaksanaan syari’at Islam di Aceh. Penelitian ini menggabungkan dua pendekatan yaitu kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data; observasi, studi dokumen, wawancara mendalam dan angket. Adapun teknik analisis data untuk data kuantitatif dengan menggunakan SPSS sedangkan tiga teknik lainnya dengan memakai trianggulasi analisis kualitatif. Lokasi penelitian ada tiga Kabupaten; Tamiang, Singkil dan Aceh Tenggara di antara enam kabupaten. Da’i Perbatasan berperan untuk mengadakan pengajian, baik terkait dengan al-Quran maupun ilmu-ilmu keislaman lainnya; fiqih, tauhid, membina masyarakat, menghidupkan masjid dan meunasah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Da’I Perbatasan cukup efektif dan memberi dampak pada masyarakat yaitu; penguatan aqidah dalam mengkal Kristenisasi dan aliran sesat; menjaga kerukunan antar umat beragama; menambah pemahaman keagamaan, membina Majelis Taklim, remaja Mesjid dan TPA, memakmurkan masjid dan meunasah, menghidupkan hari-hari besar Islam dan Syi’ar Islam serta agen perubahan sosial ekonomi. Mengenai masalah tantangan dan kendala yaitu; perbedaan pemahaman keagamaan; perbedaan etnis dan budaya; kondisi geografis; fasilitas da’i; gerakan Kristenisasi;kehadiran da’i di tempat. Mengenai masalah kehadiran da’i ditempat menjadi masalah di Singkil dan Aceh Tenggara, yang harus dilakukan adalah memaksimalkan monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh DSI Aceh dan Kabupaten untuk memastikan da’i perbatasan untuk hadir dan melaksanakan peran dan tugasnya. Sedangkan sebagai rekomendasi perlu dilakukan perubahan para pola rekrutmen, koordinasi, monitoring dan evaluasi serta menjadi Da’i Perbatasan sebagai program unggulan Dinas Syari’at Islam Aceh.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > S1 Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: Salman Abdul Muthalib
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:29
Last Modified: 04 Aug 2022 04:29
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20924

Actions (login required)

View Item
View Item