Penerapan Bimbingan Pribadi Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa MAN 2 BaNDA Aceh

Yuni Sepvidayanti, 140213035 (2020) Penerapan Bimbingan Pribadi Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa MAN 2 BaNDA Aceh. Other thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Penerapan Bimbingan Pribadi dalam Meningkatkan  Kepercayaan Diri Siswa MAN 2 BaNDA Aceh] Text (Penerapan Bimbingan Pribadi dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa MAN 2 BaNDA Aceh)
Yuni Sepvidayanti, 140213035, FTK, BK, 085270511768.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Kepercayaan Diri Kepercayaan Diri merupakan suatu keyakikan sesorang terhadap segala aspek kelebihan yang dimilikinya dan keyakinan tersebut membuatnya merasa mampu untuk bisa mecapai berbagai tujuan dalam hidupnya. Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di MAN 2 Banda Aceh yang menunjukkan bahwa pada kelas X Ips 2 memiliki tingkat keepercayaan diri yang rendah. Melalui bimbingan pribadi diharapkan kepercayaan diri siswa yang rendah dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa sebelum diberikan bimbingan pribadi, dan untuk mengetahui keefektifan bimbingan pribadi dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Jenis penelitian ini menggunakan one-group pre-test-post-test design. Subjek penelitian berjumlah 8 orang siswa yang terdiri dari 4 orang siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri rendah, dan 4 orang siswa yang memiliki tingkat kepercayaan diri sedang. Metode pengumpulan data menggunakan skala likert. Hasil uji dengan nilai signifikansi sebelum dan sesudah diberikan bimbingan pribadi 0,005 yang berarti lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan tingkat kepercayaan diri siswa setelah diberikan perlakuan berupa bimbingan pribadi. Hasil tersebut menunjukkan kepercayaan diri siswa meningkat. Setelah mendapatkan perlakuan bimbingan pribadi. Simpulan dari penelitian ini adalah rendahnya kepercayaan diri siswa kelas X Ips 2 MAN 2 Banda Aceh meningkat setelah mendapatkan bimbingan pribadi. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru bimbingan dan konseling di sekolah dapat memberikan bimbingan pribadi minimal 6 kali dalam satu semester yang bertujuan agar siswa dapat mendapatkan bimbingan secara terarah.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Pembimbing: 1. Masbur, S.Ag., M.Ag 2. Faisal Anwar, M.Ed
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pribadi dan Kepercayaan Diri
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Yuni Sepvidayanti
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:09
Last Modified: 08 Jun 2022 03:09
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20964

Actions (login required)

View Item
View Item