Penerapan Kegiatan Market Day Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk It Mina Aceh Besar

Puspa Hijriati, 170210087 (2021) Penerapan Kegiatan Market Day Terhadap Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk It Mina Aceh Besar. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Market Day] Text (Market Day)
Puspa Hijriati, 170210087, FTK, PIAUD, .pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan anak dalam bersosial didapatkan dari bermacam peluang dan pengalaman berteman dengan orang-orang disekelilingnya, perkembangan sosial merupakan kecakapan individu pada karakter atau perilaku saat menjalin hubungan dengan faktor bersosialisasi pada masyarakat. Market Day ialah kegiatan belajar Entrepreneur, anak-anak dibimbing caranya mempromosikan suatu produk pada temannya, pendidik, maupun untuk orang luar, aktivitas tersebut umumnya dilakukan bazar atau pasar yang dilaksanakan di sekolah, Market Day dapat menumbuhkan rasa kepercayaan diri, meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak dan membentuk kecerdasan berbisnis anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kegiatan Market Day terhadap kemampuan sosial emosional anak dan dapat mengetahui apa saja kendala guru dalam penerapan kegiatan Market Day terhadap kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggunakan tehnik wawancara untuk mengumpulkan data. Subjek penelitian ini adalah semua guru TK IT Mina Aceh Besar yang ada di kelas B. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun sudah memenuhi indikator pencapaian kemampuan sosial emosional dalam kegiatan Market Day, tetapi ada sekitar 3 orang anak yang masih belum mencapai indikator kemampuan sosial emosional anak usia 5-6 tahun dikarenakan pada saat kegiatan Market Day anak masih ada yang belum mematuhi peraturan dan belum mampu berinteraksi dengan teman sebaya. Selain itu kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan kegiatan Market Day ini yaitu kurangnya guru pendamping dalam kegiatan Market Day, guru masih memiliki kendala dalam pelaksanaan jual beli dan guru kurang menguasai lokasi kegiatan Market Day.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Depositing User: Puspa Hijriati Puspa
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:11
Last Modified: 08 Jun 2022 03:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20971

Actions (login required)

View Item
View Item