Perubahan Fungsi Tikar Tradisional Di Mukim Lamteuba Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar

Sarah Mustakillah, 170501019 (2021) Perubahan Fungsi Tikar Tradisional Di Mukim Lamteuba Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Perubahan Fungsi Tikar Tradisional Di Mukim Lamteuba Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar] Text (Perubahan Fungsi Tikar Tradisional Di Mukim Lamteuba Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar)
Sarah Mustakillah, 170501019, FAH, SKI, 085216876554.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “ Perubahan Fungsi Tikar Tradisional di Mukim Lamteuba Kecamatan Seulimeum Kabupaten Aceh Besar” tikar merupakan anyaman yang terbuat dari daun pandan yang berfungsi sebagai tempat tidur, tempat shalat, dan tempat duduk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi tikar tradisional, faktor perubahan, dan upaya yang dilakukan dalam pelestarian tikar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan cara melakukan tinjauan pustaka dan melihat langung kejadian dilapangan. Teknik pengumpulan data melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapatkan dari lapangan di analisa dengan cara direduksi dan display. Dari hasil penelitian diketahui bahwa tikar tradisional pernah mendapat peran penting dalam kehidupan masyarakat di Mukim Lamteuba terutama pada acara pernikahan dan pada saat penyambuatan tamu. Walaupun tikar suatu kebudayaan dalam masyarakat namun sekarang ini tikar sudah jarang diminati oleh masyarakat sekitar hampir terjadi kepunahan baik dalam segi membuat maupun menggunakan karena masyarakat lebih menggunakan barang yang lebih modernd seperti hambal, tikar plastik, dan sofa. Untuk melestarikan tikar tradisional di mukim Lamteuba belum ada orang yang mampu dalam menggerakkan kesenian ini. dari pihak pemerintah dibuat program untuk pengenalan budaya lokal terhadap anak didik di sekolah-sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tikar Tradisional, Perubahan Fungsi, dan Upaya Pelestarian.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 390 Customs, Etiquette, Folklore (Adat Istiadat, Etiket, Folklor) > 394 Adat Resam Umum > 394.2 Acara Khusus
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Sarah Mustakillah
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:10
Last Modified: 08 Jun 2022 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20972

Actions (login required)

View Item
View Item