Merokok di Tempat Umum: Studi Evaluasi Penerapan Qanun No.5 Tahun 2016 Tentang Larangan Merokok di Kota Banda Aceh

Linda Rosita, 431307334 (2020) Merokok di Tempat Umum: Studi Evaluasi Penerapan Qanun No.5 Tahun 2016 Tentang Larangan Merokok di Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Dakwah dan Komunikasi.

[thumbnail of Merokok di Tempat Umum: Studi Evaluasi Penerapan Qanun No.5 Tahun 2016 Tentang Larangan Merokok di Kota Banda Aceh] Text (Merokok di Tempat Umum: Studi Evaluasi Penerapan Qanun No.5 Tahun 2016 Tentang Larangan Merokok di Kota Banda Aceh)
LINDA ROSITA, 431307334, FDK, DMD, 085368246193.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)

Abstract

Pemerintah telah memberlakukan peraturan tentang kawasan bebas rokok dan kawasan terbatas merokok. Kawasan-kawasan itu terdapat di tempat umum seperti area bebas rokok di rumah sakit, lembaga pendidikan dan pemerintahan. Untuk kawasan merokok terdapat di terminal, stasiun, taman kota dan lain lain. Namun peratutaran peraturan yang tersebut gagal, karena banyak yang melanggar dengan ketidak jelasan ketentuan hukum. Upaya untuk menegakkan peraturan tersebut juga sangat kurang, bisa di lihat dari sisi sosialisasi tidak merata, ketegasan, keteladanan dan evaluasi tidak pernah di lakukan. Pemerintah seakan mencoba mengurangi dampak buruk kesehatan akibat rokok akan tetapi pemerintah juga akan tetap melindungi perusahaan perusahaan rokok. Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana penerapan qanun larangan merokok di tempat umum oleh pemerintah Kota Banda Aceh. Dan untuk mengetahui apa saja kendala pemerintah Kota Banda Aceh dalam menerapakan qanun larangan merokok ditemat umum. Penelitian ini bersifat deskriptis-analitis, dengan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian terkait dengan hasil penelitian ini yaitu: (1) tentang penerapan qanun larangan merokok di tempat umum oleh pemerintah kota Banda Aceh yaitu Sosialisasi larangan merokok sebagaimana yang dijalaskan oleh pandangan dan pendapat tokoh agama Islam di atas maka dapat disimpulkan bahwasannya perilaku merokok suatu perbuatan yang dilarang menurut ajaran Islam karena Tubuh manusia pada dasarnya adalah amanah dari Allah yang harus dijaga. Mengkonsumsi barang-barang yang bersifat mengganggu fungsi raga dan akal hukumnya haram misalnya alkohol, rokok,narkotika,dan lain sebagainya. Dan Kedua, Merokok dari dapat menganggu kesehatan tubuh seseorang, banyak efek negatif yang ditimbulkan akibat merokok. merokok juga menghancurkan kesehatan seseorang dengan menghubungkan berbagai racun kedalam tubuh perokok.(2) tentang kendala pemerintah kota Banda Aceh dalam menerapkan qanun larangan merokok di tempat umum. yaitu: pertama, sanksi yang diberikan bagi pelanggar sudah disosia lisasikan namun pemerintah belum tegas. kedua, urbanisasi, menjadi kendala bagi pemerintah karena adanya pertambahan penduduk atau disebut juga dengan pendatang dari berbagai daerah dengan sengaja dan menetap di kota Banda Aceh. Dan Ketiga, pemerintah telah mewujudkan sebuah sanksi kebijakan. Namun hingga saat ini juga belum bisa diberikan karena masyarakat kurang sadar akan pentingnya peraturan Qanun no.5 tahun 2016 tentang KTR kota banda Aceh terserbut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Manajemen Dakwah
Depositing User: Linda Rosita Sita
Date Deposited: 08 Jun 2022 03:27
Last Modified: 08 Jun 2022 03:27
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20982

Actions (login required)

View Item
View Item