Pemahaman Ulama Aceh Mengenai Energi Nuklir

Ridwan, Nurdin and Nurhayati, Nurhayati (2019) Pemahaman Ulama Aceh Mengenai Energi Nuklir. Jurnal Phi; Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapan, 1 (1). pp. 37-41. ISSN 2549-7162

[thumbnail of artikel ini membahas tentang pemahaman ulama terkait energi nuklir] Text (artikel ini membahas tentang pemahaman ulama terkait energi nuklir)
4_Pemahaman Ulama Aceh Mengenai Energi Nuklir.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (999kB)

Abstract

Penelitian ini ingin membuktikan sejauh mana energi nuklir dipahami secara baik oleh banyak kalangan. Ayat-ayat al-Quran diklasifikasikan kepada beberapa bidang terkait dengan keimuan nuklir yang didapat dari pandangan ilmuwan muslim terhadap ayat-ayat al-Quran yang terindikasi nuklir. Langkah berikutnya ayat yang telah dikumpulkan tersebut dideskripsikan dengan memuat tafsirannya. Pada posisi ini kitab Tafsir yang digunakan adalah Tafsir al-Quran Kementerian Agama RI dan Tafsir al-Mishbah karangan Muhammad Quraish Shihab. Wawancara dengan para ulama dilakukan di beberapa daerah di Aceh dengan pendekatan wawancara terstruktur. Eksistensi ayat-ayat al-Quran dengan keimuan nuklir dapat dipahami bahwa memang ayat-ayat tersebut memiliki indikasi-indikasi nuklir. Penafsiran ulama tentang ayat-ayat tersebut mulai memasukkan istilah pengetahuan modern baik terkait nuklir ataupun lainnya. Para ulama yang menjadi responden masih belum memahami apa dan untuk apa nuklir tersebut. Karena itu, dapat dinyatakan bahwa perkembangan sains dalam masyarakat, terutama tokohnya, masih perlu pencerahan dengan memberikan sumber-sumber informasi terkait.

Item Type: Article
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.4 Pemurnian dan Pembaharuan Pemikiran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ridwan Nurdin
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:11
Last Modified: 13 Jul 2022 04:11
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/20988

Actions (login required)

View Item
View Item