Penerapan Model Pebelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa MTs

Mutia Rahmi, 261324557 (2017) Penerapan Model Pebelajaran Learning Cycle untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Koneksi Matematis]
Preview
Text (Membahas tentang Koneksi Matematis)
MUTIA RAHMI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang terstruktur dan saling terkait antara satu sama lain. Oleh karenanya dalam mempelajari matematika sangat diperlukan kemampuan koneksi matematis, dengan adanya kemampuan koneksi matematis akan memudahkan siswa dalam mempelajari matematika. Namun berdasarkan hasil tes kemampuan koneksi matematis pada beberapa siswa MTsS diperoleh hanya 14.548% siswa yang dapat mengerjakan koneksi antar matematika dan 20.79% siswa yang dapat menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa masih kurang. oleh karena itu dalam proses pembelajaran seorang guru harus mengembangkan kemampuan koneksi matematis siswa, misalnya melalui penerapan model pembelajaran learning cycle. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa setelah diterapkan model pembelajaran learning cycle. (2) Untuk mengetahui perbandingan kamampuan koneksi metamtis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle dengan kemampuan koneksi matematis siswa dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Ulumuddin dan sampelnya kelas VIII-6 dan VIII-7. Data yang dikumpulkan dengan menggunalan tes kemampuan koneksi matematis. Dengan menggunakan uji-t. diperoleh (1) thitung lebih dari ttabel yaitu 11,35 >1,71 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle dapat meningkatkan kemampuan koneksi matemais siswa. (2) thitung lebih dari ttabel yaitu 3,62 >1,67, dapat disimpulkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa MTsS Ulumuddin yang dibelajarkan dengan model pembelajaran learning cycle lebih baik daripada kemampuan koneksi matematis siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional. Deskripsi peningkatan kemampuan koneski matematis siswa dalam kategori baik/baik sekali pada setiap indikator yaitu 1) kemampuan koneksi antar topik matematika dari yang sebelumnya 4% meningkat menjadi 85%; 2) menggunakan matematika dalam kehidupan sehari-hari dari yang sebelumnya 7% meningkat menjadi 63%; 3) menggunakan matematika dalam disiplin ilmu lain dari yang sebelumnya 4% meningkat menjadi 89%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Dr. M.Duskri,M.Kes; 2. Zikra Hayati, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Koneksi Matematis, Learning Cycle
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutia Rahmi
Date Deposited: 19 Jan 2018 06:47
Last Modified: 19 Jan 2018 06:47
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2101

Actions (login required)

View Item
View Item