Penerapan Ctl Dalam Pembelajaran Materi Shalat Berjamaah Terhadap Peningkatan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas Vii Di SMPN14 Takengon

Asra Budi, 160201036 (2022) Penerapan Ctl Dalam Pembelajaran Materi Shalat Berjamaah Terhadap Peningkatan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas Vii Di SMPN14 Takengon. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Ctl Dalam Pembelajaran Materi Shalat Berjamaah Terhadap Peningkatan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas Vii Di SMPN14 Takengon] Text (Penerapan Ctl Dalam Pembelajaran Materi Shalat Berjamaah Terhadap Peningkatan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas Vii Di SMPN14 Takengon)
Asra Budi, 160201036, FTK, PAI, 081360835783_unlocked.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (17MB)

Abstract

Pembelajaran keterampilan komunikasi merupakan kemampuan yang dimiliki oleh siswa dalam menjelaskan kembali pembelajaran, aktif dalam diskusi dan mampu menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Masalah yang terdapat dalam penelitian ini adalah kurangnya Profesional guru dalam mengajar dan rendahnya kemampuan komunikasi siswa. Metode yang dipakai dalam meningkatkan keterampilan komunikasi siswa adalah CTL, dengan penerapan penelitian tindakan kelas (PTK). Tujuan penelitian ini 1) mengatahui rancangan pembelajaran, 2) mengetahui implementasi, 3) mengetahui penilaian CTL, dan 4) mengatahui peningkatan keterampilan komunikasi siswa pada CTL di SMP Negeri 14 Takengon. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 14 Takengon, kelas yang dipilih adalah kelas VII dengan jumlah siswa 24 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dalam menarik kesimpulan dari seluruh data yang telah diperoleh dengan Data Reduction, Data Display, dan verification/Conclusion Drawing. Adapun hasil penelitian yang peneliti dapatkan ialah: 1) rancangan pembelajaran materi shalat berjamaah dengan menggunakan CTL mempersiapkan perencanaan tindakan dan pelaksanaan tindakan, 2) ada peningkatan aktivitas siswa dan guru dengan menarapkan CTL dalam pembelajaran salat berjamaah. Aktivitas siswa pada siklus I: 33% dengan kategori cukup baik dan siklus II: 90% dengan ketegori sangat baik. sedangkan aktivitas guru pada silus I: 48% dengan ketgori sangat baik dan siklus II: 89% dengan kategori sangat baik, 3) ada peningkatan hasil belajaran siswa, nilai pretest siswa 14% mencapai KKM sedangkan nilai post test siswa 100% mencapai KKM, dan 4) ada peningkatan kemampuan komunikasi siswa, pada siklus I: 27 % dengan kategori cukup baik sedangkan pada siklus II: 92% dengan ketegori sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asra Budi
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:55
Last Modified: 09 Jun 2022 02:55
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21024

Actions (login required)

View Item
View Item