Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di MIN 39 Aceh Besar

Nuraini, 150209108 (2022) Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di MIN 39 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di MIN 39 Aceh Besar] Text (Penerapan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di MIN 39 Aceh Besar)
Nuraini, 150209108, FTK, PGMI, 085216041864.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)

Abstract

Dari hasil observasi penelitian di MIN 39 Aceh Besar di kelas IVb, terlihat proses belajar mengajar sudah berjalan dengan baik, namun ada sebagian siswa mengganggu teman, bermain-main ketika pembelajaran berlangsung, serta siswa kurang antusias dan cenderung lalai dengan kegiatannya sendiri, Sehingga hasil belajar siswa belum mencapai kriteria ketuntasan minimal. Oleh karena itu, penulis mencoba untuk melakukan upaya dengan menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan penerapan metode Mind Mapping pada pembelajaran IPS, serta meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan PTK, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan soal post tes, LKPD, lembar aktivitas guru serta lembar aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: aktivitas guru pada siklus I dalam kategori cukup baik dengan persentase 73,80%. Pada siklus II aktivitas guru mengalami peningkatan dengan kategori baik dengan persentase 85%. Aktivitas siswa pada siklus I dalam kategori baik dengan persentase 76,31%. Pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan kategori sangat baik dengan persentase 94%. Hasil tes pada siklus I nilai rata-rata diperoleh sebanyak 1.380 dengan persentase 65,71% dengan jumlah 11 orang siswa yang tuntas dan 10 orang siswa yang tidak tuntas. Pada siklus II nilai rata-rata sudah mengalami peningkatan menjadi 1.770 dengan persentase 84,28% dengan jumlah 20 orang siswa yang tuntas dan 1 orang siswa yang tidak tuntas. Hal ini menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara keseluruhan dalam kategori tuntas dengan persentase nilai 95,23%. Dengan demikian, dapat disimpulkan penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Nuraini Nuraini
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:43
Last Modified: 09 Jun 2022 02:43
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21027

Actions (login required)

View Item
View Item