Tradisi Khanduri Uteun Di Gampong Pasie Lembang Kecamatan Kluet Selatan

Mahyun Yasir, 160501033 (2021) Tradisi Khanduri Uteun Di Gampong Pasie Lembang Kecamatan Kluet Selatan. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Tradisi Khanduri Uteun Di Gampong Pasie Lembang Kecamatan Kluet Selatan] Text (Tradisi Khanduri Uteun Di Gampong Pasie Lembang Kecamatan Kluet Selatan)
Mahyun Yasir, 160501033, FAH, SKI, 082272536085.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tradisi Khanduri Uteun di Gampong Pasie Lembang Kecamatan Kluet Selatan’’. Prosesi adat khanduri uteun merupakan sejumlah aktifitas yang dilakukan masyarakat yang mencari rezeki didalam hutan untuk memenuhi kebutuhan spiritual yakni sebagai wujud syukur dan tanda terima kasih kepada Allah SWT, agar masyarakat juga terhindar dari mara dan bahaya ketika berada di dalam hutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sejarah khanduri uteun, proses pelaksanaan khanduri uteun, pantangan dalam khanduri uteun, dampak positif yang timbul setelah pelaksanaan khanduri uteun, serta upaya masyarakat dalam melestarikan khanduri uteun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu pemecahan permasalahan berdasarkan pengamatan langsung ke tempat penelitian, teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses khanduri uteun di gampong Pasie Lembang dilakukan dengan peusijuek alat yang digunakan dalam mencari rezeki didalam hutan yang dilaksanakan oleh panglima uteun dan teungku imum, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, membaca yasin dan dalail khairat, membaca samadiah dan doa yang dipimpin oleh teungku imum dan makan bersama/pembagian bu kulah. Adapun pantangan dalam khanduri uteun masyarakat dilarang memasuki hutan dan ada kegiatan baik mebube, mecari rotan, menebang kayu dalam kawasan hutan selama tiga hari setelah pelaksanaan khanduri uteun. Dampak positif yang dirasakan masyarakat merasa aman, mulus dan tidak ada kendala dalam mencari rezeki didalam hutan. Adapun upaya-upaya dalam melestarikannya adalah dengan cara, memilih panglima uteun, selalu melaksanakan khanduri setiap tahunnya, membiasakan dan memperkenalkan kepada anak-anak, mengundang kabid BPTN dan SPTN untuk ikut serta.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Tradisi, Khanduri Uteun dan Pasie Lembang
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.9 Adat Istiadat
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 306 Kebudayaan dan Pranata
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Mahyun Yasir Mahyun
Date Deposited: 09 Jun 2022 02:56
Last Modified: 09 Jun 2022 02:56
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21030

Actions (login required)

View Item
View Item