Strategi Pembelajaran PAI dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA Negeri 2 Badar Aceh Tenggara

Sari Pitri, 170201011 (2021) Strategi Pembelajaran PAI dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA Negeri 2 Badar Aceh Tenggara. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi   Pembelajaran   PAI   dalam   Pembentukan Karakter Siswa di SMA Negeri 2 Badar Aceh Tenggara] Text (Strategi Pembelajaran PAI dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA Negeri 2 Badar Aceh Tenggara)
Sari Pitri, 170201011, FTK, PAI, 085359105360.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan karakter yang belum terbentuk dengan baik pada siswa- siswa SMA Negeri 2 Badar merupakan tanggung jawab semua pihak. Dalam hal ini, guru PAI memiliki peran utama untuk membentuk karakter yaitu untuk merancang strategi pembelajaran PAI yang tepat meliputi, prosedur, metode, dan teknik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pembelajaran PAI dalam pembentukan karakter siswa, untuk mengetahui metode pembelajaran PAI dalam pembentukan karakter siswa, untuk mengetahui kendala pembelajaran PAI dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Adapun dalam teknik pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah guru PAI yang berjumlah satu orang. Hasil yang peneliti dapatkan di lapangan, dalam prosedur pembelajaran ada tiga tahapan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup dari ketiga tahapan tersebut guru sudah mengintegrasikan nilai-nilai karakter kepada siswa. Adapun metode yang dilakukan guru PAI dalam pembelajaran yaitu metode ceramah dan metode tanya jawab, dari metode tersebut guru PAI sudah mengintegrasikan nilai-nilai karakter kepada siswa. Dan kendala yang guru PAI hadapi dalam pembentukan karakter siswa ada dua faktor yaitu faktor internal, sulitnya memberikan pemahaman kepada siswa tentang materi belajaran dikarenakan siswa tidak fokus, dan kurangnya sumber belajar atau buku paket, faktor eksternal, kurangnya motivasi atau dorongan orang tua terhadap pendidikan anak.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dr. Muji Mulia, S.Ag., M.Ag Realita, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran PAI, Pembentukan Karakter
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Sari Pitri Sari
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:16
Last Modified: 09 Jun 2022 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21036

Actions (login required)

View Item
View Item