Faktor Terjadinya Relaps Kepada Mantan Pengguna Narkoba (Studi Yayasan Rehabilitasi Pintu Hijrah Kota Banda Aceh)

Riski Hardiansyah, 421307263 (2020) Faktor Terjadinya Relaps Kepada Mantan Pengguna Narkoba (Studi Yayasan Rehabilitasi Pintu Hijrah Kota Banda Aceh). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Faktor Terjadinya Relaps Kepada Mantan  Pengguna Narkoba] Text (Faktor Terjadinya Relaps Kepada Mantan Pengguna Narkoba)
Riski Hardiansyah, 421307263, FDK, BKI, 085320161572.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Yayasan Pintu Hijrah merupakan lembaga non profit yang bergerak pada bidang rehabilitasi pengguna narkoba, mengembalikan keberfungsian sosial dan peningkatan taraf hidup masyarakat dengan pendekatan keIslaman. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor terjadinya relapse kepada mantan pengguna narkoba di Pintu Hijrah. Penelitian ini dilakukan pada bulan 12 Desember 2019 sampai 09 Januari 2020.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, jika mengacu pada penggunaan sampel yaitu purposive sampling. Untuk responden penelitian ini akan di ambil 4 (empat) orang responden yang mengetahui dan terlibat tentang faktor terjadinya relapse terhadap mantan pengguna narkoba. Untuk menjawab rumusan masalah diperoleh dari dokumen kegiatan Yayasan Pintu Hijrah.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor terjadinya relapse kepada mantan pengguna narkoba itu dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu, faktor lingkungan, keluarga, diri sendiri dan teman dekatnya. Adapun proses rehabilitasi yang dilakukan oleh yayasan Pintu Hijrah sendiri menggunakan teknik 12 (dua belas) langkah untuk proses rehabilitasinya dan dipadukan dengan kegiatan kerohanian lainnya, seperti zikir, shalat sunnah dan shalat wajib.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Riski Hardiansyah Riski
Date Deposited: 09 Jun 2022 03:13
Last Modified: 09 Jun 2022 03:13
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21037

Actions (login required)

View Item
View Item