Peran Kompas.com dalam Mengedukasi Orang Tua untuk Mencegah Kekerasan pada Anak dalam Pembelajaran Daring

Fitra Widya Rahma, 170401016 (2022) Peran Kompas.com dalam Mengedukasi Orang Tua untuk Mencegah Kekerasan pada Anak dalam Pembelajaran Daring. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Kompas.com dalam Mengedukasi Orang Tua untuk Mencegah Kekerasan pada Anak dalam Pembelajaran Daring] Text (Peran Kompas.com dalam Mengedukasi Orang Tua untuk Mencegah Kekerasan pada Anak dalam Pembelajaran Daring)
Fitra Widya Rahma, 170401016, FDK, KPI, 085358669190.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kondisi pandemi Covid-19 mengharuskan anak-anak untuk melaksanakan proses belajar secara daring di rumah, namun selama masa pembelajaran daring ini nyatanya kasus kekerasan pada anak semakin melonjak. Hal ini karena masih kurangnya pengetahuan dan kesiapan orang tua dalam membimbing anak belajar di rumah, seharusnya disinilah perlu adanya peran media massa seperti Kompas.com sebagai salah satu media popular yang banyak diakses khalayak, untuk mengedukasi orang tua demi mencegah terjadinya kekerasan pada anak. Hal ini yang mendasari penulis untuk melakukan kajian mendalam tentang bagaimana bentuk penyajian Kompas.com sebagai sarana edukasi dan bagaimana peran Kompas.com dalam mengedukasi pembaca untuk mencegah kekerasan pada anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk berita yang disajikan Kompas.com dalam mengedukasi pembaca, serta mengetahui peran Kompas.com dalam mengedukasi orang tua untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap anak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bentuk penyajian berita Kompas.com dalam menginformasikan dan mengedukasi pembaca telah memenuhi kepuasaan dan kebutuhan khalayak, karena disampaikan secara real time, aktual, dan faktual, sehingga sering dijadikan referensi. Sedangkan, peran Kompas.com dalam menyajikan berita untuk mengedukasi orang tua dalam mencegah terjadinya kekerasan pada anak sudah cukup baik, namun masih kurang maksimal dan perlu ditingkatkan kembali, meskipun demikian sedikit tidaknya bacaan tersebut telah diaplikasikan oleh para orang tua saat membimbing anak belajar di rumah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Kompas.com, Edukasi, Kekerasan Anak
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi > 302.23 Media (Sarana Komunikasi)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 303 Proses sosial > 303.4 Perubahan sosial > 303.48 PerkembanganSains dan Teknologi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Fitra Widya Rahma Fitra
Date Deposited: 17 Jun 2022 02:18
Last Modified: 17 Jun 2022 02:18
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21039

Actions (login required)

View Item
View Item