Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Kerajinan Rotan dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar

Khairun Nisa, 170604046 (2022) Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Kerajinan Rotan dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Kerajinan Rotan dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar] Text (Pemberdayaan Usaha Kecil Menengah Kerajinan Rotan dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar)
Khairun Nisa, 170604046, FEBI, IE, 085270215173.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan Usaha Kecil dan Menengah kerajinan rotan bagi masyarakat sangat membantu dalam meningkatkan perekonomiannya, maka sangat diperlukan adanya pemberdayaan oleh pihak terkait baik itu pemerintahan desa atau pemerintahan daerah dan para pemangku kepentingan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pemberdayaan dan dampak pemberdayaan usaha kecil kerajinan rotan dalam meningkatkan perekonomian di Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan observasi dengan jumlah responden berjumlah 17 orang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pemberdayaan usaha kerajinan rotan ini telah dilakukan oleh pihak pemerintahan desa maupun dinas UMKM dan lainnya baik dari bentuk program kemitraan, pembinaan/pendampingan dan pembiayaan. Pemberdayaan usaha kerajinan rotan ini telah memberikan dampak positif walaupun masih terdapat kendala-kendala dalam proses pelaksanaannya. Dampak positif yang dapat diperoleh yaitu pengrajin/pelaku usaha telah mampu meningkatkan ekonomi mandiri masyarakat, membuka peluang usaha dan kesempatan kerja bagi masyarakat serta membantu akses bagi pengrajin atau pelaku usaha untuk dapat memasarkan produk yang telah dihasilkan.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dr. Maimun,SE., Ak., M.Si., Jalilah, S.HI., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Ekonomi, UKM Kerajinan Rotan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi) > 338 Produksi > 338.5 Ekonomi Produksi Umum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ilmu Ekonomi
Depositing User: Khairun Nisa
Date Deposited: 10 Jun 2022 02:46
Last Modified: 10 Jun 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21059

Actions (login required)

View Item
View Item