Analisis Kemampuan Vegetasi Dalam Mereduksi Emisi Karbon Kendaraan Bermotor Pada Jalur Hijau Jalan Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh

Ema Damayani, 160702018 (2021) Analisis Kemampuan Vegetasi Dalam Mereduksi Emisi Karbon Kendaraan Bermotor Pada Jalur Hijau Jalan Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kemampuan Vegetasi Dalam	Mereduksi Emisi Karbon Kendaraan Bermotor Pada Jalur Hijau Jalan Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh] Text (Analisis Kemampuan Vegetasi Dalam Mereduksi Emisi Karbon Kendaraan Bermotor Pada Jalur Hijau Jalan Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh)
Ema Damayani, 160702018, FST, TL, 081396276564.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kendaraan bermotor di Kota Banda Aceh semakin meningkat dari tahun 2018 - 2019 yaitu sebanyak 3,6%. Ruang Terbuka Hijau Publik yang dibangun di kawasan Kota Banda Aceh hanya mencapai 13% di setiap kecamatan sehingga penyediaan Ruang Terbuka Hijau Publik di Kawasan Perkotaan Banda Aceh belum terlaksana sepenuhnya sebagaimana yang ditetapkan seluas 20% dari luas kota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan vegetasi pada Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh dalam menyerap emisi CO2 dari kendaraan bermotor. Pengumpulan data dilakukan dalam dua kegiatan, yaitu pengambilan data vegetasi dan data kendaraan. Pengambilan data vegetasi dilakukan dengan menghitung jumlah, jenis dan mengukur diameter vegetasi secara langsung dilapangan dan pengindraan jarak jauh/pemetaan.Pengukuran volume kendaraan bermotor dilakukan selama dua hari dengan mengambil sampel satu hari kerja dan satu hari libur. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa vegetasi pada Taman Pulau Jalan Depan Mesjid Raya mampu menyerap emisi CO2sebesar 27,6455kg/jam, vegetasi pada Taman Median Jln. T.Umar(Setui)mampu menyerap emisi sebesar 10,0291kg/jamdan Taman Median Jalan Jln. Chik Ditiro(Peuniti) mampu menyerap emisi CO2 sebesar 22,2459 kg/jam. Berdasarkan nilai kemampuan daya serap vegetasi menujukkan bahwa pada Taman Pulau Jalan Depan Mesjid Raya sudah mampu mereduksi gas CO2 sedangkan pada Taman Median Jln. T.Umar (Setui) dan Taman Median Jalan Jln. Chik Ditiro (Peuniti) belum mampu mereduksi gas CO2.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Mulyadi Abdul Wahid, M.sc Sri Nengsih, S.si, M.sc.
Uncontrolled Keywords: Emisi kendaraan bermotor, Ruang Terbuka Hijau, Emisi karbon
Subjects: 600 Technology (Applied Sciences) > 620 Engineering and Allied Operations (Ilmu Teknik dan Ilmu yang Berkaitan)
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > S1 Tehnik Lingkungan
Depositing User: Ema Damayani
Date Deposited: 10 Jun 2022 02:57
Last Modified: 10 Jun 2022 02:57
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21064

Actions (login required)

View Item
View Item