Hubungan Pola Asuh Permisif Dengan Kenakalan Remaja Pada Siswa Smkn 3 Takengon

Berliana Utari, 160901029 (2021) Hubungan Pola Asuh Permisif Dengan Kenakalan Remaja Pada Siswa Smkn 3 Takengon. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pola Asuh Permisif] Text (Pola Asuh Permisif)
Berliana Utari, 160901029, FPSI, PSI, 082276724148.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Pola asuh permisif atau taissez-faire (tidak membatasi) adalah pola asuh yang memiliki sedikit kontrol atas perilaku anak-anak mereka,Kurangnya kontrol dan pengawasan dalam pola asuh permisif menyebabkan remaja menjadi lebih liar dilingkungannya sehingga kenakalan remaja pun kerap terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pola asuh permisif dengan kenakalan remaja pada siswa SMKN 3 Takengon. Penelitian ini menggunakan pendekatan korelasional dengan metode kuantitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa skala pola asuh permisif berdasarkan teori Hurlock, (2014) dan skala kenakalan remaja berdasarkan teori Elliot & Ageton, (1980). Subjek dalam penelitian ini berjumlah 123 siswa dan 123 wali murid di SMKN 3 Takengon. Teknik analisis data yang digunakan adalah product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara pola asuh permisif dengan kenakalan remaja di SMKN 3 Takengon dengan nilai korelasi sebesar 0,380 taraf signifikansi sebesar 0,00 dan yang berarti hipotesis diterima. Penelitian ini juga memberi hasil. Hal ini menunjukkan bahwa semakin permisif pola asuh, maka semakin tinggi kenakalan remaja di SMKN 3 Takengon. Sebaliknya, semakin tidak permisif pola asuh Permissif, maka semakin rendah kenakalan remaja yang terjadi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Berliana Utari Berliana
Date Deposited: 10 Jun 2022 03:08
Last Modified: 10 Jun 2022 03:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21072

Actions (login required)

View Item
View Item