Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Organizational Citizenship Behavior Pada Aparatur Sipil Negara Kementrian Agama Kota Banda Aceh

Rifail Sauni, 170901160 (2021) Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Organizational Citizenship Behavior Pada Aparatur Sipil Negara Kementrian Agama Kota Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Organizational Citizenship Behavior] Text (Organizational Citizenship Behavior)
Rifail Sauni, 170901160, FPSI, PSI, 081343136140.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Aparatur sipil negara sebagai salah satu unsur kekuatan daya saing bangsa dituntut harus memiliki kinerja yang tinggi. Maka dari itu Aparatur sipil Negara menunjukan perilaku Organizational Citizenship Behavior. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan antara Kepuasan Kerja dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementrian Agama Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi product moment. Alat ukur penelitian ini yaitu Skala Organizational Citizenship Behavior (OCB) dikemukakan oleh Organ ( dalam Naway, 2017) dan skala kepuasan kerja dikemukakan oleh Luthans (dalam Naway, 2017). Populasi penelitian yaitu ASN di Kementrian Agama Kota Banda Aceh yang berjumlah 1083 orang dengan jumlah sampel 237. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi (r) = 0,532 dengan p = 0,000 yang menandakan terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara kepuasan kerja dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada Aparatur Sipil Negara Kementrian Agama Kota Banda Aceh. Artinya semakin tinggi kepuasan kerja semakin tinggi Organizational Citizenship Behavior (OCB) dan sebaliknya semakin rendah kepuasan kerja maka semakin rendah Organizational Citizenship Behavior (OCB).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 100 Philosophy and Psychology > 150 Psychology (Psikologi/Ilmu Jiwa)
Divisions: Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Depositing User: Rifail Sauni Rifail
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:20
Last Modified: 13 Jun 2022 02:20
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21077

Actions (login required)

View Item
View Item