Lembar Hasil Peer Review Artikel Konsep dan Teori Manajemen Aset dalam Islam

Ridwan Nurdin, 2003076502 and Muslina, 221324001 (2017) Lembar Hasil Peer Review Artikel Konsep dan Teori Manajemen Aset dalam Islam. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry.

[thumbnail of Artikel ini membahas tentang Konsep dan Teori Manajemen Aset dalam Islam] Text (Artikel ini membahas tentang Konsep dan Teori Manajemen Aset dalam Islam)
5_RN_Peer Review_Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi_Konsep dan Teori Manajemen Aset_.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (512kB)

Abstract

Sistem pengelolaan aset menurut ketentuan Islam merupakan suatu profesi baru dalam dunia modern saat ini, sehingga tidak banyak literatur yang dapat dijadikan pedoman dalam mengkaji hal tersebut. Di sisi lain, kebutuhan akan sistem ini semakin dirasakan oleh para akademisi dan praktisi khususnya praktisi lembaga keuangan syariah. Manculnya konsep pengelolaan aset atau lebih dikenal dengan Manajemen Kekayaan Islam (Islamic Wealth Management) atau Perencanaan Keuangan Islam (Islamic Financial Planning) merupakan jawaban praktis atas kebutuhan tersebut. Meskipun demikian, hadirnya dua konsep ini setidaknya memberikan gambaran awal pengelolaan aset secara halal. Bila dikaji dalam perjalanan sejarah Islam, sebenarnya manajemen aset telah dijelaskan oleh Asy-Syaibani dalam kitabnya al-kasb dengan teori infaq. Dari hasil kajian ditemukan bahwa konsep pengelolaan aset dalam Islam merujuk pada konsep khalifah dan keshalihan. Konsep khalifah mewajibkan setiap orang memakmurkan bumi dengan bekerja. Sedangkan konsep keshalihan merupakan konsep yang mengharuskan pemilik aset memanfaatkannya dan mengembangkannya dengan cara yang halal dan mempertimbangkan aspek kemanfaat bagi dirinya dan orang lain. Konsep ini tergambar jelas dalam teori al-kasb dan infaq menurut Asy-Syaibani. Dalam teori al-kasb diuraikan alasan orang bekerja, yakni untuk memehuni kebutuhan dharuriyat, hajiyat dan tahsiniyyat. Sedangkan dalam teori infaq mengharuskan seseorang untuk membelankan dan mengembangkan asetnya dengan cara yang halal serta memperhatikan tingkatan prioritas yang utama

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.1 Ibadah > 2X4.143 Zakat Pendapatan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Ridwan Nurdin
Date Deposited: 13 Jul 2022 04:04
Last Modified: 13 Jul 2022 04:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21084

Actions (login required)

View Item
View Item