Tadrib An-Nahw Wa Ash-Sharf Fi Qir'at Al-Kutub At-Turatsiyah (Bahts Washf Bi Ma'had Darul Muta'allimin Tanah Merah Aceh Singkil)

Junaidi, 180202233 (2022) Tadrib An-Nahw Wa Ash-Sharf Fi Qir'at Al-Kutub At-Turatsiyah (Bahts Washf Bi Ma'had Darul Muta'allimin Tanah Merah Aceh Singkil). Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Membahas tentang Penerepan Nahwu dan Sharf ketika Membaca Kitab Kuning] Text (Membahas tentang Penerepan Nahwu dan Sharf ketika Membaca Kitab Kuning)
SKRIPSI JUNAIDI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran Nahwu dan Sharf di Pondok Pesantren Darul Muta’allimin Tanah Merah Aceh Singkil menggunakan kitab-kitab yang telah ditetapkan oleh Pimpinan Pondok. Kitab-kitab tersebut harus dihafal dan dikuasai oleh setiap santri. Akan tetapi pada kenyataanya bahwa sebagian dari mereka masih salah ketika membaca kitab klasik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peraktek Nahwu Sharf dalam membaca kitab klasik dan mengetahui kesulitan yang dihadapi santri ketika peraktek nahwu sharf dalam membaca kitab klasik serta solusinya. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan instrumen observasi dan wawancara dengan guru Nahwu Sharf dan santri kelas 6. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan peraktek Nahwu Sharf dalam membaca kitab klasik baik sekali. Kesulitan yang dihadapi santri ketika peraktek nahwu dalam membaca kitab klasik adalah kurangnya hafalan mufradat, qawaid Nahwu dan Sharf serta jarangnya peraktek diluar kelas. Solusi yang diberikan guru adalah memberikan hafalan mufradat, memberikan latihan diluar kelas serta memberikan ringkasan Nahwu Sharf.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System > 010 Bibliographies
400 Languages (Bahasa) > 490 Other Languages (Bahasa-bahasa Lain)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Junaidi Junaidi
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:10
Last Modified: 13 Jun 2022 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21128

Actions (login required)

View Item
View Item