Analisis Perkembangan Produk Pembiayaan Murabahah Di Masa Pandemi Covid-19 Pada PT Bank Aceh Syariah Cabang Blang Pidie Kabupaten Aceh Barat Daya

Husnun Nisak, 180603136 (2022) Analisis Perkembangan Produk Pembiayaan Murabahah Di Masa Pandemi Covid-19 Pada PT Bank Aceh Syariah Cabang Blang Pidie Kabupaten Aceh Barat Daya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pembiayaan Murabahah Di Masa Pandemi Covid-19] Text (Pembiayaan Murabahah Di Masa Pandemi Covid-19)
Husnun Nisak, 180603136, FEBI, PS, 082354701654.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan merupakan proses atau tahapan pertumbuhan kearah yang maju serta menjadi lebih sempurna dalam hal kepribadian, pikiran, pengetahuan dan sebagainya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perkembangan produk pembiayaan murabahah di masa pandemi Covid-19 pada PT Bank Aceh Syariah Cabang Blang Pidie serta mengetahui apa saja strategi yang digunakan oleh PT Bank Aceh Syariah Cabang Blang Pidie dalam mengembangan produk pembiayaan murabahah di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dimana pendekatan ini bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Dimana untuk teknik wawancara terdiri atas 6 informan dari pihak Bank Aceh Cabang Blang Pidie dan 3 dari pihak nasabah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Perkembangan pembiayaan murabahah pada masa pandemi Covid-19 di PT Bank Aceh Syariah cabang Blang Pidie masih stabil, walaupun berada dalam masa pandemi, hal ini diukur berdasarkan banyaknya nasabah pembiayaan murabahah, plafon dan margin yang di berikan oleh PT Bank Aceh Syariah cabang Blang Pidie, serta angsuran yang dibayarkan oleh nasabah pembiayaan. Pertumbuhan pembiayaan hingga akhir 2021 mencapai 6,98%. Dan adapun strategi yang digunakan oleh PT Bank Aceh Syariah cabang Blang Pidie dalam mengembangkan produk murabahah ialah restrukturisasi dengan bentuk reconditioning, pembiayaan Covid-19 serta penyaluran pembiayaan dibidang kesehatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Perbankan Syariah
Depositing User: Husnun Nisak Husnun
Date Deposited: 13 Jun 2022 02:46
Last Modified: 13 Jun 2022 02:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21129

Actions (login required)

View Item
View Item