Penerapan Model Eksperensial dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 17 Aceh Selatan.

Raiza, 160209126 (2021) Penerapan Model Eksperensial dalam Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MIN 17 Aceh Selatan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Model Eksperensial] Text (Model Eksperensial)
Raiza, 160209126, FTK, PGMI, 082366942160.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)

Abstract

Proses belajar mengajar lebih baiknya memberikan contoh-contoh fenomena yang ada disekitar kehidupan siswa yang sesuai dengan materi, dan memberikan aktivitas yang tidak pernah mereka lakukan sebelumnya supaya siswa lebih aktif dan menambah wawasan, sehingga aktivitas yang dilakukan menambahkan pengetahuan baru bagi siswa, guru membimbing siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. oleh karena itu diterapkan suatu pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan menambah pengetahuan baru dalam pembelajaran Tematik. Salah satu model yang digunakan dalam pembelajaran tematik adalah model Ekperensial. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui aktivitas guru melalui penerapan model eksperensial pada pembelajaran tematik Kelas IV MIN 17 Aceh Selatan, (2) Untuk mengetahui aktivitas siswa melalui penerapan model eksperensial pada pembelajaran tematik Kelas IV MIN 17 Aceh Selatan, (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model eksperensial pada pembelajaran tematik Kelas IV MIN 17 Aceh Selatan. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVa MIN 17 Aceh Selatan yang berjumlah 20 orang siswa. Instrumen penelitian menggunakan (1) Lembar aktivitas guru, (2) Lembar aktivitas siswa, (3) Soal tes. Kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh persentase (1) Aktivitas guru pada siklus I sebesar 72,05% berada kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 76,47% masih berada dikategori baik dan meningkat pada siklus III sebesar 85,29% kategori baik sekali. (2) Aktivitas siswa pada siklus I 69,11% berada pada kategori baik, siklus II mendapat 73,52% masih berada kategori baik dan meningkat pada siklus III 83,82% kategori baik sekali. (3) Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 68,42%, pada siklus II 84,21% dan meningkat pada siklus III sebesar 94,73%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model eksperensial dapat meningkatkan aktivitas guru dan siswa serta hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV 17 Aceh selatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Raiza Raiza
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:04
Last Modified: 13 Jun 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21138

Actions (login required)

View Item
View Item