Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Siswa MTs

Al Shella Itami Afun, 261324591 (2018) Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya pada Siswa MTs. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

[img]
Preview
Text (Membahas Tentang Matematika)
skripsi pdf.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (33MB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran matematika yang berlangsung satu arah dan dominannya aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran matematika menjadi salah satu penyebab kurang minatnya siswa dalam mengikuti proses pembelajaran matematika. Faktanya siswa kurang dilibatkan di dalam kegiatan pembelajaran.
Oleh karna itu, dibutuhkan suatu kegiatan pembelajaran yang dapat mengoptimalkan kemampuan siswa. Model pembelajaran tutor sebaya adalah model pembelajaran yang sumber belajar selain guru, yaitu siswa sebaya yang memiliki kemampuan menyerap pelajaran lebih cepat. Bantuan belajar oleh siswa
sebaya dapat menghilangkan kecangunggan, selain itu dengan teman sebaya tidak ada rasa seggan, rendah diri, malu dan sebagainya. Sehingga diharapkan siswa yang kurang paham tidak segan untuk mengungkapkan kesulian-kesulitan yang
dihadapinya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang di ajarkan dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya lebih baik dari pada siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model
pembelajaran tutor sebaya. (2) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tutor sebaya. (3) Untuk mengetahui aktivitas siswa selama mengikuti model pembelajaran tutor sebaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan observasi. Berdasarkan hasil pengolahan data yang dianalisis dengan uji-t pada taraf signifikan  = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 61,
diperoleh thitung = 5,33 dan ttabel = 1,67. Berdasarkan kriteria pengujian adalah“terima H0 jika t < t1-α dan tolak H0 jika t mempunyai harga-harga lain”. Oleh karena thitung > ttabel, yaitu 5,33 > 1,67 maka terima H1 sehingga disimpulkan bahwa Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran tutor sebaya lebih baik dari pada siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model pembelajaran tutor sebaya. Aktivitas siswa selama pembelajaran tergolong efektif. Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran
menunjukkan skor rata-rata keseluruhan yang diperoleh guru adalah 3,93, dapat dilihat nilainya berada pada 3,50 TKG < 4,50 dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Dra. Hafriani, M.Pd 2. Susanti, S.Pd.I, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Tutor Sebaya
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Al Shella Itami Afun
Date Deposited: 31 Jan 2018 08:59
Last Modified: 31 Jan 2018 08:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2114

Actions (login required)

View Item View Item
TOP