Lembar Hasil Peer Review artikel Konsep Nusyuz Menurut Al-Qur'an dan Hadis: Kajian Hak dan Kewajiban Suami-Istri dalam Rumah Tangga

Khairuddin Hasballah, 2014097301 (2022) Lembar Hasil Peer Review artikel Konsep Nusyuz Menurut Al-Qur'an dan Hadis: Kajian Hak dan Kewajiban Suami-Istri dalam Rumah Tangga. Jurnal el-Usrah, Banda Aceh.

[thumbnail of Berisi tentang hasil peer review artikel Pertimbangan Hakim terhadap Putusan Nafkah Pasca Perceraian] Text (Berisi tentang hasil peer review artikel Pertimbangan Hakim terhadap Putusan Nafkah Pasca Perceraian)
17. Peer Review artikel konsep nusyuz.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (433kB)

Abstract

Istilah nusyuz di dalam al-Qur`an dan hadis tidak terbatas pada istri, tetapi juga terhadap suami. Di dalam kitab-kitab fikih, istilah nusyuz lebih condong pembahasannya terhadap istri, tetapi di dalam kitab al-Um karangan Imam asy-Syafi’i dan kitab al-Majmu’ Syarah al-Muhazzab karangan Imam an-Nawawy, istilah nusyuz itu juga ditujukan kepada suami. Namun dalam pembahasan kitab fikih, nusyuz yang dilakukan oleh suami tidak berakibat kepada gugurnya hak suami dari istri, kebalikan dengan nusyuz yang dilakukan oleh istri, yang berakibat istri tidak berhak lagi mendapat nafakah dan hak-hak lainnya dari suami. Ini artinya, fikih telah menempatkan posisi suami pada tempat yang lebih tinggi dibandingkan istri.

Item Type: Other
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X4 Fiqih > 2X4.3 Hukum Perkawinan (Munakahat) > 2X4.32 Nusyuz dan Syiqaq
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Pidana Islam
Depositing User: Khairuddin Hasballah
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:25
Last Modified: 14 Jun 2022 03:25
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21162

Actions (login required)

View Item
View Item