Analisis Hubungan Pendekatan Sumber Dan pendekatan Proses Terhadap Efektivitas Sasaran Dana Desa Untuk penanganan Covid-9 Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Desa Lam Nga Kabupaten Aceh Besar)

Muhammad Maulana, 170602141 (2021) Analisis Hubungan Pendekatan Sumber Dan pendekatan Proses Terhadap Efektivitas Sasaran Dana Desa Untuk penanganan Covid-9 Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Desa Lam Nga Kabupaten Aceh Besar). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Hubungan Pendekatan Sumber Dan pendekatan Proses] Text (Hubungan Pendekatan Sumber Dan pendekatan Proses)
Muhammad Maulana,170602141, FEBI, ES.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Dana Desa merupakan dana yang sumbernya diambil dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBD) yang dibagi kepada desa dapat ambil melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten/kota. Dalam UU Nomor 6 Tahun 2014 desa diberikan kekuasaan yang besar untuk mengurus kegiatannya, melaksanaan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat desanya. Awal tahun 2020 ini, kesehatan dunia tengah diuji dengan merebaknya virus COVID-19 di seluruh penjuru negeri, tak terkecuali di Aceh tempa kita berada. Dalam masa darurat seperti ini pemerintah dituntut harus bisa mengatasi masalah dengan tanggap, cepat dan efektif. Pemerintah tidak bisa bekerja sendirian dalam mengatasi COVID-19, dibutuhkan bantuan dari seluruh elemen masyarakat didesa dan dikota. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pendekatan sumber dan efektifitas pendekatan proses terhadap efektivitas pendekatan sasaran studi kasus di desa Lam Nga Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis data dalam penelitian ini yaitu data primer dengan sampel 61 orang menggunakan metode wawancara dan menyebarkan kuisioner pada masyarakat dan pejabat desa Lam Nga. Metode yang digunakan pada analisis ini yaitu uji chi-square. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa efektivitas pendekatan sumber dan efektivitas pendekatan proses berhubungan dengan efektivitas pendekatan sasaran sesuai dengan perspektif islam, sejalan dengan tujuan maqasid syariah yaitu menjaga jiwa raga dan harta bendanya demi kemaslahatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 330 Economics (Ilmu Ekonomi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Muhammad Maulana Maulana
Date Deposited: 14 Jun 2022 03:14
Last Modified: 14 Jun 2022 03:14
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21173

Actions (login required)

View Item
View Item