Kompetensi Profesional Guru Fikih dalam Mengelola Kelas di MIN 20 Aceh Besar

Muhammad Irsan, 170201147 (2022) Kompetensi Profesional Guru Fikih dalam Mengelola Kelas di MIN 20 Aceh Besar. Other thesis, UIN Ar-raniry Banda Aceh.

[thumbnail of Kompetensi Profesional Guru Fikih dalam Mengelola Kelas di MIN 20 Aceh Besar] Text (Kompetensi Profesional Guru Fikih dalam Mengelola Kelas di MIN 20 Aceh Besar)
Muhammad Irsan, 170201147, FTK, PAI, 082265272579.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Mengelola kelas merupakan salah satu kompetensi profesional yang dimiliki oleh guru. Karena selama proses mengajar guru harus mampu mengelola kelas dengan baik, mampu mengatur tata ruang kelas dengan baik, sehingga mampu menciptakan iklim yang kondusif di kelas. Guru yang mengajar mata pelajaran fikih di MIN 20 Aceh Besar sudah digolongkan sebagai guru yang profesional dengan pengalaman pengetahuan yang dimilikinya. Namun di lapangan peneliti menemukan permasalahan dari pengamatan yang peneliti lakukan, namun jika dilihat dari aspek pengelolaan kelas masih kurang maksimal, hal tersebut dilihat dari suasana kelas yang kurang kondusif. Yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana kompetensi profesional guru fikih dalam mengelola kelas? 2. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kompetensi profesional guru fikih dalam mengelola kelas?. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini yaitu 2 orang guru mata pelajaran fikih, kepala sekolah, dan 40 siswa kelas V-3. Untuk memperoleh data yang akurat diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan guru di MIN 20 Aceh Besar memiliki kompetensi profesional dalam mengelola kelas, hal tersebut dilihat dari adanya perencanaan yang dilakukan oleh guru dengan menyusun RPP dan pemilihan metode atau media yang sesuai dengan materi serta bervariasi. Selain itu guru juga di awal semester membuat kontrak pembelajaran dengan siswa untuk disepakati Bersama agar pembelajaran berjalan dengan tertib. Dalam aktivitas pembelajaran guru juga terlebih dahulu memastikan kesiapan siswa serta memperhatikan tata letak duduk siswa dan juga memperhatikan kebersihan kelas untuk meningkatkan kenyamanan siswa dalam belajar. Faktor yang mempengaruhi kompetensi profesional guru dalam mengelola kelas yaitu adanya pelatihan, diklat atau semacamnya yang diikuti oleh guru, kemudian tersedianya fasilitas yang memadai membatu guru lebih mudah dalam mengelola kelas. Selain itu kepedulian kepala sekolah yang aktif memonitoring guru dalam mengelola kelas juga meningkatkan kompetensi profesional guru dalam mengelola kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: Dr. Hazrullah, S.Pd.I., M.Pd Abdul Haris Hasmar, S.Ag,. M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Profesional, Mengelola Kelas.
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Muhammad Irsan Irsan
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:08
Last Modified: 22 Jun 2022 02:08
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21178

Actions (login required)

View Item
View Item