Pelaksanaan Amar Ma’ruf Nahi Munkar oleh Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh Pada Kasus Maksiat di Gampong Keudah

Wendy Ardinata, 160105083 (2022) Pelaksanaan Amar Ma’ruf Nahi Munkar oleh Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh Pada Kasus Maksiat di Gampong Keudah. Other thesis, UIN Ar-Raniry Fakultas Syariah dan Hukum.

[thumbnail of Pelaksanaan Amar Ma’ruf Nahi Munkar oleh Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh Pada Kasus Maksiat di Gampong Keudah] Text (Pelaksanaan Amar Ma’ruf Nahi Munkar oleh Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh Pada Kasus Maksiat di Gampong Keudah)
Wendy Ardinata, 160105083, FSH, HTN, 082272979798.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Amar ma’ruf nahi munkar menyeru kepada yang baik dan mencegah daripada kemungkaran berpegang teguh kepada Al-Qur’an dan Sunnah. Pelaksanaan Penegakan Syariat Islam di Aceh berdasarkan Qanun Nomor 11
Tahun 2002 Tentang Pelaksanaan Syariat Islam di bidang Ibadah, Aqidah dan Syiar. Dalam pelaksanaan Syariat Islam, Pemerintah Kota Banda Aceh yaitu Satpol PP dan WH sudah melaksanakan dengan maksimal, namun pada kenyataannya di lapangan masih terjadi pelanggaran-pelanggaran Syariat Islam. Untuk persoalan yang hendak dikaji skripsi ini adalah Pertama, bagaimana bentuk pelaksanaan amar ma’ruf nahi munkar oleh Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh pada kasus maksiat di gampong Keudah Kedua, bagaimana hambatan dan kendala pelaksanaan amar ma’ruf nahi munkar oleh Satpol PP dan WH Kota Banda Aceh di gampong Keudah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah wawancara dan kepustakaan. Berdasarkan penelitian bahwa pelaksanaan amar ma’ruf nahi munkar oleh Satpol PP dan WH kota Banda Aceh pada kasus maksiat di gampong Keudah belum terlaksana dengan baik dibuktikan dengan perbedaan tanggapan dari pihak masyarakat dalam memberikan keterangan mengenai pelaksanaan amar ma’ruf tersebut. Adapun kendala dan hambatan dalam pelaksanaan amar ma’ruf nahi munkar yaitu rendahnya kesadaran masyarakat terhadap larangan larangan kemaksiatan di gampong Keudah, kurang pedulinya antar individu terhadap pelaku kemaksiatan di depan umum. Dari pihak pemerintahan memiliki hambatan seperti tidak merata dan tepat sasaran dalam mensosialisasikan serta melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 000 Computer Science, Information and System
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > S1 Tata Negara
Depositing User: Wendy Ardinata
Date Deposited: 15 Jun 2022 02:52
Last Modified: 15 Jun 2022 02:52
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21211

Actions (login required)

View Item
View Item