Analisis Kesulitan Membaca Al-Qur’an Pada Santriwan / Wati Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Ruhul Falah Desa Rema, Kecamatan Kutapanjang, Gayo Lues

Ima Zulaikha, 170201116 (2021) Analisis Kesulitan Membaca Al-Qur’an Pada Santriwan / Wati Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Ruhul Falah Desa Rema, Kecamatan Kutapanjang, Gayo Lues. Other thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Tarbiyah dan Keguruan.

[thumbnail of Analisis Kesulitan Membaca Al-Qur’an Pada Santriwan / Wati Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Ruhul Falah Desa Rema, Kecamatan Kutapanjang, Gayo Lues] Text (Analisis Kesulitan Membaca Al-Qur’an Pada Santriwan / Wati Di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Ruhul Falah Desa Rema, Kecamatan Kutapanjang, Gayo Lues)
Ima Zulaikha, 170201116, PAI, FTK, 082315016426.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Kesulitan membaca Al-Qur’an merupakan suatu gangguan dalam suatu hal atau proses psikologis yang mencakup pemahaman, penggunaan bahasa, ujaran dan tulisan. Gangguan itu dapat berupa kesulitan berfikir, berbicara, membaca, menulis, dan mengeja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola pembelajaran membaca Al-Qur’an Santriwan/wati di TPA Ruhul Falah Desa Rema Kecamatan Kutapanjang Gayo Lues. Apa saja kesulitan yang dialami oleh Santriwan/wati. Dan solusi apa saja yang dilakukan oleh ustadz dan ustzdzah dalam mengatasi kesulitan pembelajaran membaca Al-Qur’an oleh Santriwan/wati Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah wawancara, angket (kuesioner), dan dokumentasi. Dengan jumlah populasi 17 orang menurut teori Suharsimi Arikunto yaitu: besarnya sampel diambil dalam suatu penelitian jika populasinya kurang dari 100, maka lebih baik diambil seluruhnya. Dan teknik analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data atau display data, dan mengambil kesimpulan. Hasil penelitian Analisis kesulita nmembaca Al-Qur’an padaSantriwan/wati di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Ruhul Falah Desa Rema Kecamatan Kuapanjang Gayo Lues menunjukkan bahwa pola pembelajaran Santriwan/wati, belum ada pola pembelajaran yang disepakati, pola pembelajaran yang diterapkan yaitu pola pembelajran yang disepakati antara Santriwan/wati dengan ustadzah atau pola pembelajaran yang mereka gemari, kemudian ada beberapa kesulitan yang Santriwan/wati alami di antaranya mereka belum terlalu fasih dalam menyebutkan huruf-huruf dalam Al- Qur’an yang sesuai dengan makharijul hurufnya, belum terlalu lancer dalam membaca Al-Qur’an baik itu panjang pendeknya dan tentang pemahaman tajwid yang lainnya. Adapun solusi atau upaya yang dilakukan ustadzah dalam mengatasi kesulitan Santriwan/wati dalam membaca Al-Qur’an yaitu ustadzah member motivasi belajar, sebelum atau sesudah belajar, mentalaqqi bacaan huruf per huruf, menjelaskan ulang bacaan yang belum dimengerti dan menegur apabila Santriwan/wati berulang melakukan kesalahnnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Membaca Al-Qur’an Santriwan/wati
Subjects: 200 Religion (Agama)
200 Religion (Agama) > 297 Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ima Zulaikha Ima
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:03
Last Modified: 15 Jun 2022 03:03
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21215

Actions (login required)

View Item
View Item