Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual untuk Siswa SMP

Yudhi Firmansyah, 170205050 (2021) Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual untuk Siswa SMP. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Pengembangan Video Pembelajaran Matematika  Berbasis Kontekstual untuk Siswa SMP] Text (Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbasis Kontekstual untuk Siswa SMP)
Yudhi Firmansyah, 170205050, FTK, PMA, 082286582425.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Perkembangan teknologi di abad 21 menuntut sistem pendidikan di Indonesia untuk bisa menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman saat ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Salah satu bentuk penyesuaiannya adalah dengan mengubah sistem pembelajaran yang sebelumnya konvensional menjadi lebih fleksibel. Artinya Pendidikan dimasa yang akan datang tidak hanya berorientasi di gedung sekolah saja, tetapi juga ditentukan oleh teknologi serta jaringan informasi yang bisa diakses kapan dan dimana saja. Salah satu upaya untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman adalah dengan menghadirkan video pembelajaran. Penelitian ini berupaya untuk mengembangkan video pembelajaran berbasis kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk memahami proses pengembangan dan hasil pengembangan video pembelajaran matematika berbasis kontekstual untuk siswa SMP. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D) model pengembangan 4D (four-D) Thiagarajan. Tahapan meliputi pendefinisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran. Penelitian ini menghasilkan video pembelajaran nmatematika berbasis kontekstual. Berdasarkan penilaian dari para ahli dan uji coba lapangan menyatakan bahwa video pembelajaran yang dikembangkan adalah valid dan praktis. Pada tahap validasi yang diperoleh dari 4 validator yang memberikan saran dan masukan serta mendapat kriteria sangat baik dengan persentase 91,83% layak untuk digunakan. Pada tahap kepraktisan oleh guru diperoleh tingkat kepraktisan dengan persentase kepraktisan bernilai positif adalah 87,5%. Sedangkan persentase yang bernilai negatif yaitu 12,5% dan pada tahap kepraktisan oleh siswa diperoleh tingkat kepraktisan dengan persentase bernilai positif adalah 80,85%. Sedangkan persentase yang bernilai negatif yaitu 19,15%. Proses dan hasil pengembangan video pembelajaran matematika berbasis kontekstual ini ini sangat potensial menjadi model yang akan diikuti oleh para guru dan peneliti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan video pembelajaran, berbasis kontekstual, model 4D
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.1 Guru dan Pengajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Yudhi Firmansyah
Date Deposited: 15 Jun 2022 02:59
Last Modified: 15 Jun 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21216

Actions (login required)

View Item
View Item