Strategi Politik Perempuan Pada Pemilihan Legislatif Di Kota Sabang Tahun 2019 (Studi kasus: Kemenangan Ria Indriani, ST)

Dinda Nabila, 170801004 (2022) Strategi Politik Perempuan Pada Pemilihan Legislatif Di Kota Sabang Tahun 2019 (Studi kasus: Kemenangan Ria Indriani, ST). Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Strategi Politik Perempuan] Text (Strategi Politik Perempuan)
Dinda Nabila, 170801004, FISIP, IP, 082298453879.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat Strategi Politik Perempuan Pada Pemilihan Legislatif di Kota Sabang. Disamping itu untuk mengetahui Strategi Politik kemenangan Ria Indriani dalam kontestasi politik, peluangdan tantangan yang dihadapinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif.Informan ditentukan dengan purposive sampling yakni penentuan disesuaikan atas kriteria tertentu yang ditetapkan berdasarkan tujuan penelitian.Data diperoleh dari hasil wawancara mendalam dan dokumentasi.Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan tahap kesimpulan (verifikasi).Lokasi penelitian di Kecamatan Kota Sabang.Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari pengurus partai politik, masyarakat setempat dan caleg perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan kemenangan Ria Indriani didukung oleh mayoritas masyarakat di tempat pemilihan, terutama keluarga terdekat Ria Indriani dan timses serta partai Golkar yang selalu mengawal sampai di hari pemilihan. Strategi politik yang digunakan Ria Indriani terangkum dalam marketing politik, Komunikasi Politik, Targetting Politik dan Positioning. Ria Indriani juga menghadapi peluang dan tantangan selama pemilihan berlangsung. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Peluang ibu Ria Indriani sangat besar didunia politik, selain karena rendahnya partisipasi perempuan yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif, pengaruh kedekatan keluarga Ria Indriani yang baik dengan masyarkat kota Sabang. Tantangan yang dihadapi dalam kampanye seperti banyak suara yang dicurangi, dan banyak, perhitungan suara yang dilebih- lebihkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Dinda Nabila Dinda
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:16
Last Modified: 15 Jun 2022 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21220

Actions (login required)

View Item
View Item