Peran Pemerintah Gampong Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan (Studi Kasus di Gampong Ilie, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh)

Wan Arief Raihan Syahira, 160802102 (2021) Peran Pemerintah Gampong Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan (Studi Kasus di Gampong Ilie, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Pemerintah Gampong Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan (Studi Kasus di Gampong Ilie, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh)] Text (Peran Pemerintah Gampong Untuk Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan (Studi Kasus di Gampong Ilie, Kecamatan Ulee Kareng, Banda Aceh))
Wan Arief Raihan Syahira, 160802102, FISIP, IAN, 085254371547.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Peran Pemerintah Gampong meningkatkan partisipasi masyarakat dalam keberlangsungan pembangunan adalah suatu upaya membangkitkan rasa kolektif dalam masyarakat, secara pertimbangan Pemerintah Desa mempunyai tanggungjawab dan wewenang secara fungsinya dalam meningkatkan partisipasi dalam pembangunan wilayahnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran pemerintahan Gampong Ilie untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, dan mengetahui faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Menggunakan pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif yang berupa penelitian lapangan (field research), mengumpulkan data primer dan sekunder melalui observasi, wawancara, dan dokumen, dengan fokus masalah pada peran Pemerintahan Desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran pemerintahan Gampong Ilie untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan sudah baik, hal itu atas dasar pelaksanaan perannya tugas, wewenang, dan fungsinya sebagai pemerintahan, tetapi jika diliat atas dasar kemampuan dalam peningkatan pembangunan masih minim, hal itu disebakan karena kurangnya SDM yang kompeten dalam pengelolaan pemerintahan. Sedangkan masyarakat berperan untuk ikut serta dalam pembangunan dengan mendukung, menyumbang usulan, dan memasukan tahapan pemerintahan. Sedangkan faktor-faktor penghambat dan pendukung adalah 1) Kurangnya partisipasi masyarakat disebabkan karena politik sosial masyarakat dalam pemerintahan. 2) Sumber dana, pengelolaan hanya difokuskan pada alokasi anggaran desa, tidak memanfaatkan pengelolaan potensi desa dan pemberdayaan masyarakat. Sedangkan pendukung adalah kesadaran pemerintah desa dalam pembangunan, kemampuan, kerjasama, dan meningkatkan wawasan masyarakat dalam inti pembangunan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemerintah Desa, Partisipasi, dan Pembangunan
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Wan Arief Raihan Syahira
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:10
Last Modified: 15 Jun 2022 03:10
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21222

Actions (login required)

View Item
View Item