Sistem Kepemimpinan Desa: Studi Kasus Transparansi Kepemimpinan Di Desa Air Berudang Kecamatan Tapaktuan

Cut Anisa Pratiwi, 170801106 (2022) Sistem Kepemimpinan Desa: Studi Kasus Transparansi Kepemimpinan Di Desa Air Berudang Kecamatan Tapaktuan. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Sistem Kepemimpinan Desa] Text (Sistem Kepemimpinan Desa)
Cut Anisa Pratiwi, 170801106, FISIP, IP, 081289355039.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Kepemimpinan adalah kegiatan untuk memengaruhi perilaku oranglain, atau memengaruhi perilaku manusia baik perorangan maupun kelompok. Kepemimpinan tidak harus di ikat terjadi dalam suatu organisasi tertentu, melainkan kepemimpinan bisa terjadi dimana saja asalkan seseorang menunjukkan kemampuannya mempengaruhi perilaku orang-orang lain kearah tercapainya suatu tujuan tertentu. Transparansi menjadi sangat penting bagi pelaksanaan fungsi-fungsi pemerintahan dalam menjalankan mandat dari rakyat. Mengingat pemerintah saat memiliki kewenangan mengambil berbagai keputusan penting yang berdampak bagi orang banyak, pemerintah harus menyediakan informasi yang lengkap mengenai apa yang di kerjakannya. Dengan demikian, transparansi menjadi instrumen penting yang dapat menyelamatkan uang rakyat dari penyalahgunaan uang yang bukan menjadi kewenangannya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dan menggunakan metode kualitatif jenis studi kasus (casestudies) Informan dalam penelitian ini sebanyak 7 orang. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi adalah Sistem kepemimpinan di Desa Air Berudang menggunakan sistem Demokrasi yang mengedepankan rakyat, dimana setiap tujuan dan keputusan yang diambil adalah untuk kepentingan rakyat. Sedangkan masyarakat belum melihat bahwa di Desa Air Berudang sudah menerapkan sistem kepemimpinan yang demokrasi karena masih ada hambatan sehingga masyarakat menganggap sistem yang digunakan di Desa Air Berudang ini belum Demokrasi dan Sistem Kepemimpinan kepala Desa Air Berudang dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparans sejauh ini sudah dijalankan, akan tetapi masih bertahap (belum sepenuhnya transparans).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 320 Political and Government Science (Ilmu Politik dan Pemerintahan)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > S1 Ilmu Politik
Depositing User: Cut Anisa Pratiwi Cut
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:16
Last Modified: 15 Jun 2022 03:16
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21224

Actions (login required)

View Item
View Item