Analisis Kesiapan UMKM Aceh Menerapkan Rantai Nilai Halal (Studi UMKM di Banda Aceh)

Maulidya Ramli, 190602186 (2021) Analisis Kesiapan UMKM Aceh Menerapkan Rantai Nilai Halal (Studi UMKM di Banda Aceh). Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Analisis Kesiapan UMKM Aceh Menerapkan Rantai Nilai Halal (Studi UMKM di Banda Aceh)] Text (Analisis Kesiapan UMKM Aceh Menerapkan Rantai Nilai Halal (Studi UMKM di Banda Aceh))
Maulidya Ramli, 190602186, FEBI, ES, 085260189304.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)

Abstract

Aceh dengan mayoritas penduduk beragama Islam memiliki peluang yang besar untuk mengembangkan Industri halal. Penguatan industri halal in harus dilakukan dari hulu ke hilir dengan fokus pada sektor atau klaster yang dinilai potensial dan berdaya saing tinggi serta dengan melibatkan UMKM sebagai penggerak utama rantai nilai halal. Rantai Nilai Halal merupakan suatu rangkaian menciptakan nilai tambah pada produk barang dan jasa dimulai dari praproduksi hingga layanan purna jual yang sesuai dengan prinsip syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan UMKM Aceh dalam menerapkan rantai nilai halal serta memberi gambaran mengenai aspek psikografi syariah pada UMKM di Banda Aceh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksploratori dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan instrument kuesioner survei rantai nilai halal dan kuesioner aspek psikografi. Pertanyaan pada kuesioner tersebut ditujukan kepada 20 UMKM yang berdomisili di Banda Aceh. Hasil penelitian menunjukkan pelaku UMKM yang terlibat dalam RNH, dari hulu hingga hilir, telah mengambil tanggung jawab individu maupun kolektif terhadap pengawasan dan pengecekan produk secara berkala. Selain itu, pelaku UMKM telah memiliki pengalaman dan pemahaman mumpuni mengenai literasi halal. Namun dalam pengelolaan keuangan, UMKM masih belum sepenuhnya optimal menggunakan akses permodalan yang terdapat pada lembaga keuangan Syariah. Jika dilihat dari strategi pemasaran, UMKM di Kota Banda Aceh dipandang telah berhasil dan memenuhi fungsi bisnis rantai nilai halal. Dari sisi psikografi Syariah, secara umum pelaku UMKM telah memiliki persepsi dan pemahaman yang baik mengenai penggunaan harta, keadilan dalam berbisnis, dan menjalankan bisnis sesuai ajaran Islam.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.3 Ekonomi > 2X6.32 Ekonomi Keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > S1 Ekonomi Syariah
Depositing User: Maulidya Ramli
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:22
Last Modified: 15 Jun 2022 03:22
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21229

Actions (login required)

View Item
View Item