Penerapan Teknik Game Teraphy untuk Mengurangi Kecanduan Gadget Siswa di SMP Negeri 3 Mutiara

Lismayana, 170213025 (2021) Penerapan Teknik Game Teraphy untuk Mengurangi Kecanduan Gadget Siswa di SMP Negeri 3 Mutiara. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Penerapan Teknik Game Teraphy untuk Mengurangi Kecanduan Gadget Siswa di SMP Negeri 3 Mutiara] Text (Penerapan Teknik Game Teraphy untuk Mengurangi Kecanduan Gadget Siswa di SMP Negeri 3 Mutiara)
Lismayana, 170213025, FTK, BK, 082216635501.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Teknik Game Teraphy merupakan salah satu teknik yang ada dalam bimbingan dan konseling. Pengertian teknik Game Teraphy adalah teknik yang dilakukan dengan cara berinteraksi antara pemain satu dengan pemain lainnya yang diikuti dengan aturan-aturan yang berlaku untuk mencapai suatu tujuan. Salah satu tujuan teknik game teraphy adalah untuk mengurangi kecanduan gadget. kecanduan gadget adalah keterikatan atau ketergantungan pada penggunaan gadget yang dilakukan tanpa kontrol dengan intensitas yang berlebihan sehingga menimbulkan dampak negatif pada kehidupan individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan teknik game teraphy untuk mengurangi kecanduan gadget siswa di SMP Negeri 3 Mutiara. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen One Group Pre-test Post-test Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, skala likert dan dokumentasi. Penyebaran angket kepada siswa yang menjadi populasi yaitu siswa kelas VIII.B yang berjumlah 24 siswa. Untuk pengambilan sampel, peneliti menggunakan purposive sampling sehingga terdapat 8 siswa yang menjadi sampe penelitian sesuai dengan kriteria kecanduan gadget. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya penurunan nilai sesudah diberikan teknik game teraphy untuk mengurangi kecanduan gadget siswa yang ditinjau dari hasil uji hipotesis yaitu perolehan ttabel < thitung = 1,89 < 17,145. Perbandingan tersebut dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya, penerapan teknik game teraphy dapat mengurangi kecanduan gadget siswa di SMP Negeri 3 Mutiara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan) > 371 Sekolah dan Aktivitasnya: Pendidikan luar biasa > 371.3 Metode Pembelajaran dan Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Konseling
Depositing User: Lismayana Lismayana
Date Deposited: 15 Jun 2022 03:23
Last Modified: 15 Jun 2022 03:23
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21230

Actions (login required)

View Item
View Item