Pengaruh Pop Culture Korean Wave Terhadap Perilaku Di Kalangan Mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh

Sarah Dillah, 170501021 (2021) Pengaruh Pop Culture Korean Wave Terhadap Perilaku Di Kalangan Mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Other thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of ¬Pengaruh Pop Culture Korean Wave Terhadap Perilaku Di Kalangan Mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh] Text (¬Pengaruh Pop Culture Korean Wave Terhadap Perilaku Di Kalangan Mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
Sarah Dillah, 170501021, FAH, SKI, 082369277100.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Pengaruh Pop Culture Korean Wave Terhadap Perilaku Di Kalangan Mahasiswi UIN Ar-Raniry Banda Aceh”. Korean Wave merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan kebudayaan populer (pop culture) Korea Selatan, yang penyebarannya mencapai Asia, Eropa, dan Amerika. Korean Wave ini disebarkan melalui industri hiburan seperti musik, film, drama, produk kecantikan, makanan, dan sebagainya, juga didukung oleh pesatnya arus globalisasi. Adapun tujuan dari penelitian ini diantaranya untuk mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi perilaku sebagian mahasiswi UIN Ar-Raniry menyukai Korean Wave, dan untuk mengetahui bagaimana bentuk perilaku sebagian mahasiswi UIN Ar-Raniry yang terpengaruh Korean Wave. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian dianalisa dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan sebagian mahasiswi UIN Ar-Raniry menyukai Korean Wave karena pengaruh teman, saudara, serta tayangan drama Korea Selatan yang ditampilkan di stasiun televisi swasta Indonesia. Adapun bentuk perilaku pada sebagian mahasiswi UIN Ar-Raniry yang terpengaruh Korean Wave, dapat dilihat pada perilaku terbuka; penggunaan bahasa, gaya berpakaian, riasan wajah dan perawatan kulit, cara makan dan makanan, serta pada penggunaan media sosial, dan pada perilaku tertutup; cara berpikir, berimajinasi, ilmu pengetahuan atau wawasan yang bertambah, dan muncul rasa percaya diri.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Perilaku, Korean Wave, Pop Culture.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X6 Sosial dan Budaya > 2X6.7 Kesenian dan Kebudayaan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > S1 Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: Sarah Dillah
Date Deposited: 15 Jun 2022 04:19
Last Modified: 15 Jun 2022 04:19
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21238

Actions (login required)

View Item
View Item