Penerapan Model Jigsaw dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI MAS Lamno Aceh Jaya

Lisa Afriza, 211323733 (2017) Penerapan Model Jigsaw dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas XI MAS Lamno Aceh Jaya. Skripsi thesis, UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Full text not available from this repository.

Abstract

Model pembelajaran jigsaw merupakan model belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri atas empat sampai dengan enam orang secara heterogen dan siswa bekerja sama saling ketergantungan dan bertanggung jawab secara mandiri. Materi takziyah merupakan salah satu judul pada pokok bahasan di semester II kelas XI. Materi tentang takziyah sering dijumpai dalam kehidupan. Hasil observasi yang dilakukan di kelas XI ipa 2 MAS Lamno menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa belum maksimal, dimana lebih dari 50% siswa tidak tuntas dalam belajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini berjudul: Penerapan model jigsaw dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di kelas XI MAS Lamno Aceh Jaya. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA 2 MAS Lamno yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan hasil tes siswa terhadap penerapan model jigsaw. Setelah semua data terkumpul, hal selanjutnya adalah analisis data dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh aktivitas guru mengalami peningkatan dari 84,38 % pada siklus I dan 85,16% pada siklus II. Minat belajar siswa mengalami peningkatan secara klasikal dari 66,6% pada siklus I menjadi 92,59% pada siklus II. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan model jigsaw dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi takziyah di MAS Lamno Aceh Jaya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model jigsaw cukup efektif diterapkan dalam pembelajaran aqidah akhlak pada materi takziyah. Siswa menjadi lebih mengerti akan pentingnya bertakziyah dalam masyarakat dan bersabar atas musibah yang menimpanya. Serta meningkatkan kerjasama kepada siswa lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : 1. Isna Wardatul Bararah, S.Ag, M.Pd. 2. Dra. Hamdiah, MA.
Uncontrolled Keywords: Penerapan, model pembelajaran jigsaw, minat belajar, aqidah akhlak, materi takziyah, dan hasil belajar siswa.
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam > 2X7 Filsafat dan Perkembangan > 2X7.3 Pendidikan > 2X7.31 Metoda dan Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lisaafriza LA -
Date Deposited: 05 Jan 2018 09:45
Last Modified: 05 Jan 2018 09:46
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/2124

Actions (login required)

View Item
View Item