Analisis Indek Kepuasan Anak Didik Pemasyarakatan Terhadap Kualitas Layanan Pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II, Banda Aceh

Nurul Ayuni, 170402005 (2022) Analisis Indek Kepuasan Anak Didik Pemasyarakatan Terhadap Kualitas Layanan Pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II, Banda Aceh. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II] Text (Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II)
Nurul Ayuni, 170402005, FDK, BKI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Kepuasan merupakan keadaan emosional yang dirasakan individu terhadap layanan yang diterima. Individu akan merasa puas apabila layanan yang diberikan sesuai dengan apa yang diharapkan bahkan melebihi ekspetasinya, jika layanan yang diberikan tidak sesuai maka individu merasa tidak puas. Adapun tujuan dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Mendeskripsikan gambaran kepuasan andikpas terhadap kualitas layanan pada LPKA Kelas II Banda Aceh, (2) Untuk melihat kepuasan andikpas terhadap kualitas layanan (pendidikan, keagamaan, keterampilan, seni dan olahraga) pada LPKA Kelas II Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis deskriptif. Adapun populasi penelitian ini seluruh andikpas pada LPKA Kelas II Banda Aceh dengan sampel sebanyak 30 orang yang dipilih dengan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan penyebaran kuesioner kepada andikpas. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif dan uji chi square. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kepuasan andikpas secara keseluruhan berada pada kategori puas yaitu sebanyak 18 responden dengan persentase sebesar 84,86%. (2) Hasil perhitungan dengan menggunakan program SPSS 25.0 uji chi square diperoleh Asymp.Sig sebesar 0,000 yang mana jika nilai Asymp.Sig < 0,05 maka terdapat signifikansi antara kualitas layanan dan kepuasan andikpas. Dari hasil tersebut diperoleh pada setiap layanan yang diberikan terdapat signifikansi antara kepuasan dan kualitas layanan (pendidikan, keagamaan, keterampilan, seni dan olahraga). Implikasi dari hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai masukan bagi LPKA, konselor dan petugas layanan lainnya dalam memberikan layanan sesuai dengan kebutuhan andikpas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial)
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 363 Masalah dan pelayanan sosial lainnya
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 360 Social Problems and Services (Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial) > 365 Lembaga permasyarakatan dan lembaga berkaitan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nurul Ayuni Uni
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:17
Last Modified: 16 Jun 2022 02:17
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21241

Actions (login required)

View Item
View Item