Kesadaran Orangtua Terhadap Pendidikan Agama Islam Bagi Remaja di Desa Gampong Baro Kecamatan Teunom Aceh Jaya.

Khairil Wara, 170201027 (2021) Kesadaran Orangtua Terhadap Pendidikan Agama Islam Bagi Remaja di Desa Gampong Baro Kecamatan Teunom Aceh Jaya. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Kesadaran Orangtua Terhadap Pendidikan Agama Islam Bagi Remaja] Text (Kesadaran Orangtua Terhadap Pendidikan Agama Islam Bagi Remaja)
Khairil Wara, 170201027, FTK, PAI, 082276369406.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Pendidikan dalam keluarga merupakan pendidikan pertama dan utama, dimana pendidik yang paling bertanggung jawab terhadap perkembangan seorang anak adalah orang tua. Kesadaran orangtua merupakan tanggung jawab keluarga terhadap perkembangan anak jika orangtua sadar akan pendidikan anaknya maka terciptalah sumber daya manusia yang berkualitas, tetapi jika orang tua yang tidak sadar akan pendidikan anaknya maka terciptalah sumber daya manusia yang tidak berkualitas dimasa yang akan datang. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk aktivitas Pendidikan Agama Islam bagi remaja di Desa Gampong Baro, Kecamatan Teunom Aceh Jaya dan kesadaran orangtua terhadap Pendidikan Agama Islam dalam keluarga di Desa Gampong Baro, Kecamatan Teunom Aceh Jaya. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk 1. Anak dan remaja di Desa Gampong Baro memiliki serangkaian aktifitas keagamaan yang diikuti dalam kesehariannya, kegiatan seperti Dzikir Maulid, Marhaban atau Barzanji, dan Dalail khairat. kegiatan-kegiatan keagamaaan tersebut berpengaruh dalam menumbuhkan jiwa sosial bermasyarakat dikalangan anak-anak remaja, dan menumbuhkan semangat kebersamaan dan menumbuhkan kiat untuk melestarikan kegiatan-kegiatan keagamaan yang ada di Desa Gampong Baro 2. Di Desa Gampong Baro, orangtua sudah memiliki kesadaran terhadap pendidikan agama anak-anaknya. Orangtua sadar akan pentingnya pendidikan agama, sehingga para orangtua di Gampong Baro selalu mengajari, mendidik, membimbing, mengawasi, dan memberikan contoh yang baik kepada anaknya agar anaknya terarah dalam menjalani kehidupan seharihari. Orangtua mengajari sendiri langsung anaknya dirumah, selain para oramgtua juga bersemangat dalam mengantar anak-anaknya ke lembaga pendidikan agama lainnya seperti Madrasah pesantren dan TPA/TPQ.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 370 Education (Pendidikan)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khairil Wara Khairil
Date Deposited: 16 Jun 2022 02:59
Last Modified: 16 Jun 2022 02:59
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21253

Actions (login required)

View Item
View Item