“Peran Pengasuh Dalam Meningkatkan Kepatuhan Pada Anak Asuh di Panti Asuhan (Studi Deskriptif Terhadap Remaja di Panti Asuhan Baldatun Thayyibatun Wa Rabbul Ghaffur Kota Banda Aceh)”.

Cut Nailul Fauza, 170402098 (2022) “Peran Pengasuh Dalam Meningkatkan Kepatuhan Pada Anak Asuh di Panti Asuhan (Studi Deskriptif Terhadap Remaja di Panti Asuhan Baldatun Thayyibatun Wa Rabbul Ghaffur Kota Banda Aceh)”. Masters thesis, UIN Ar-Raniry.

[thumbnail of Peran Pengasuh Dalam Meningkatkan Kepatuhan Pada Anak Asuh] Text (Peran Pengasuh Dalam Meningkatkan Kepatuhan Pada Anak Asuh)
Cut Nailul Fauza, 170402098, FDK, BKI, 085261992524.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Pengasuh Dalam Meningkatkan Kepatuhan Pada Anak Asuh di Panti Asuhan (Studi Deskriptif Terhadap Remaja di Panti Asuhan Baldatun Thayyibatun Wa Rabbul Ghaffur Kota Banda Aceh)”. Pengasuh merupakan seserang yang memiliki keahlian dan kemampuan khusus dalam membimbing, mendidik, membina, mengarahkan, menilai, serta mengevaluasi anak asuhnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini, Ketidakpatuhan apa saja yang sering dilakukan oleh anak asuh di panti asuhan Baldatun Thaiyyibatun warabbul Ghafur (BTRG), Bagaimana peran pengasuh dalam meningkatkan kepatuhan anak di panti asuhan Baldatun Thaiyyibatun warabbul Ghafur (BTRG), Bagaimana faktor pendukung & penghambat dalam meningkatkan kepatuhan anak di panti asuhan Baldatun Thaiyyibatun warabbun Ghafur (BTRG). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketidak patuhan apa saja yang sering dilakukan oleh anak asuh, peran pengasuh dalam meningkatkan kepatuhan pada anak asuh, mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kepatuhan pada anak asuh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Subjek dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Informan berjumlah 10 informan, diantaranya 4 pengasuh dan 6 orang anak asuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara khusus pengasuh telah berperan dalam proses meningkatkan kepatuhan anak asuh serta pengasuh telah berperan dalam proses memberikan pembinaan nya melalui bimbingan serta membina anak asuh dalam membentuk pribadi yang lebih patuh. Terdapat dua faktor pendukung dan penghambat dalam proses meningkatkan kepatuhan pada anak asuh yaitu faktor penghambatnya adalah minimnya kesadaran dan kurangnya keseriusan dalam menjalani kegiatan-kegiatan yang telah dibuat oleh pengasuh di panti asuhan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 200 Religion (Agama) > 297 Islam
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial
300 Sociology and Anthropology (Sosiologi dan Antropologi) > 302 Interaksi sosial > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > S1 Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Cut Nailul Fauza Cut
Date Deposited: 16 Jun 2022 03:04
Last Modified: 16 Jun 2022 03:04
URI: https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/21257

Actions (login required)

View Item
View Item